Wiken kemarin kami berkesempatan untuk mengunjungi rumah keramik F. Widyanto. Widyanto adalah seniman Indonesia yang mengkhususkan dirinya ke pembuatan keramik. Info lengkapnya bisa dilihat di web ini.  Aslinya tempat ini dekat banget lokasinya dari rumah, kepeleset dikit nyampe ahak2. Paling 20 menitanlaah. Yey, 20 menitan dari mana? Ga penting, pokoknya lokasi si rumah keramik itu ada disini.

Waktu baru melewatin gerbangnya, phew..rimbun ya book rumahnya dan keknya 10x luas rumah eke ahahaha. Luaslaah pokoknya. Langsung disambut sama securitynya. Biaya masuknya ga mahal kok, cuma 10rb/orang.

Rumah Keramik F. Widyanto, Tanah Baru Depok

Rumah Keramik F. Widyanto, Tanah Baru Depok

Ternyata di dalam juga ada rumah makannya. Berhubung jamnya maksi plus juga mau wisata kuliner, jadi kita cobain juga deeeh. Kisaran harga makanan 25-50rb. Sila lihat menunya aj deh. Gw pesan Sangu Boboko, papa mama pesan Sangu Poros, suami pesan Nasi Campur, Alif pesan nasi goreng as usual-laah. Dari semua menu, yang paling normal rasanya ya nasi gorengnya Alif ituu. Sementara makanan kami semua rasanya terlalu rempah2. Ada bumbu2 yang tidak biasa kami gunakan dipakai disini sehingga lauknya jadi kentara banget berasa asam dan asinnya. Walhasil kami semua tidak habis, mubajir saja jadinya..hiks. Es sorbet, mangganya masaam. Tapi kalo esnya udah mencair, yaah lumayanlah jadi segeran. Pisang goreng Kalimantannya enyaaak soob, aseli enak walo mahal huks. Singkongnya standar hehehe. Kesimpulannya, kalo ke sini saya akan memesan goreng pisang saja iihihiihih.

menu di resto Rumah Keramik F. Widyanto, Depok

menu di resto Rumah Keramik F. Widyanto, Depok

Kemudian kita langsung ke pelatihan claynya donk. Dengan uang 115rb, kita akan dapat 400gr clay.

Ruang pembuatan keramik, bermacam cetakan dan aneka pewarna keramik.

Ruang pembuatan keramik, bermacam cetakan dan aneka pewarna keramik.

Jadi gimana caranya bikin keramik? (*dibimbing sama guide nih). Pertama, ambil cetakannya dulu yak. Mau bentuk apa? Bentuk apa aja ada disana. Sampe angry bird aj ada. Habis itu..silakan simak dari pic di bawah.

Cara membuat keramik sederhana dari clay

Cara membuat keramik sederhana dari clay

Cara membuat keramik sederhana dari clay

Cara membuat keramik sederhana dari clay

Kalau udah kelar, keramik tersebut harus diangin2kan dulu deeh selama 3 hari biar kering sekering2nya. Lamaaaaa, ember lama. Kirain bisa langsung diwarnai. Berhubung Alif maksa pengen ngewarnain sendiri, akhirnya kami kudu nambah 25rb buat proses pewarnaan. Kami pun dipersilahkan datang kembali minimal 3 hari setelahnya. Betewe, 400 gr itu ternyata dapat lumayan banyak loh. Jadi jangan esmosi langsung beli 400gr untuk tiap orang.

Si clay 400gr dimanfaatin sebegitu rupanya sampai ga bersisa sedikitpun wkwkwk

Si clay 400gr dimanfaatin sebegitu rupanya sampai ga bersisa sedikitpun wkwkwk

Kalau mau buat keramik yang lebih cihuy kayak di tipi2, yang bentuk2 vas dan guci gitu bisa jugaak. Bayarnya beda, 450rb untuk 2kg clay. Ngerjainnya di mesin manual khusus kayak foto di bawah ini niih.

Berhubung duit ga cukup, kita imajinasikan saja wakakaka

Berhubung duit ga cukup, kita berimajinasi saja wakakaka

We are in action :D

We are in action 😀

Selesai dari sini, kami pun pergi ke rumah F. Widyantonya. Jadi rumahnya memang dibuka untuk umum, buat dilihat2. Apakah rumah ini sering ditempati oleh sang maestro? Wah gatau juga..Rumahnya 2 lantai. Kami hanya mengunjungi lantai pertama saja karena kebentur waktu. Lantai satunya aj beuh, ga bisa sebentar. Tengok kiri, nyeni. Tengok kanan, nyeni. Liat belakang, nyeni. Berbeda dengan konsep satu ruangan dengan satu point interest, ini mah dalam 1 ruangan si point interest nemplok dimana2. Terkesan rame memang, tapi bagus kok. Sampe lantainya aj ga dibiarkan polos. Di tiap ubinnya ada cetakan bunga or daun or kupu2 gitu.. Setiap detil ruangan ga lepas dari seni deh.

Patung sebelah kanan itu adalah fave gw bangetttt, Narcissus. Legendanya si istilah "narsis". Kamar mandinya luas dan baguus, jende segede bagong, konsep outdoor.

Patung sebelah kanan itu adalah fave gw bangetttt, Narcissus. Legendanya si istilah “narsis”. Kamar mandinya luas dan baguus, jendela segede bagong, konsep outdoor.

Betewe di rumah ini ada 2 kamar yang disewakan looh. Gatau juga ratenya berapaan. Waktu gw masuk, wiii, tempat tidur kelambuu.. Ehm, siang hari bagus sih. Soal terang. Agak malam kok ya saya berasa rada wedhi hehhehe. Benda2 seni menurut gw bagusnya memang diliat di galeri. Kalo dipajang banyak dalam rumah ya..saya…kok jadi merasa nafas agak berat (*hubungannya?).

Habis dari rumahnya baru deh kami ke galeri seni. Keramik2 disini dijual. Beberapa lucuk2. Tuh ayah beli asbak rokok seharga 200rb. Coba kalau ada keramik Honda CB atau Pitung atau vespa jaman jadul, hmmm mesti diembat tuh, mesti! Di galeri peraturannya sih “no pics taken allowed” tapi kan saya bandel, jadinya curi2 foto ehehehe.

6 burung hantu bermain musik, 7.5 juta ajya..

6 burung hantu bermain musik, 7.5 juta ajya..

Wastafel cantik, daku naksir deeh. Tapi harganya 5 jetong, diskon si 20%..ttp aj mahal bagi gw *_*

Wastafel cantik, daku naksir deeh. Tapi harganya 5 jetong, diskon si 20%..ttp aj mahal bagi gw *_*

4 hari berikutnya kami datang kembali untuk proses mewarnai. Untuk pewarnaan, pertama harus diberi cat dasar..kayak dinding rumahlah, perlu dikasih cat dasar. Abis itu baru deh dikasih cat benerannya. Disini susahnya heu. Angry bird Alif, si wall breaker itu kan warnanya merah nyata. Tapi catnya warna merah muda pupus sekali. Kalau mau warna hitam, catnya warna coklat. Jadi ceritanya, abis proses pengecatan adalah proses pemanggangan clay. Proses pemanggangan menyebabkan warna cat menjadi lebih tua, itu sebabnya warna cat yang akan ditaruh di clay kadang berbeda banget sama hasil akhirnya. Nah si Alif kaga percaya dibilangin warna kalo angry birdnya mau warna merah, ya dicat dengan warna merah muda pupus..Abis aj bermenit2 ngasi krucil penjelasan. Akhirnya manut juga ehehehhe.

Alif amat sangat serius mewarnai angry bird kesayangannya. U go, kid! Kanan bawah adalah hasil kerja emal bapaknya, Tampak kurang meyakinkan ahahaha

Alif amat sangat serius mewarnai angry bird kesayangannya. U go, kid! Kanan bawah adalah hasil kerja emak bapaknya, Tampak kurang meyakinkan ahahaha

“Jadi kapan Mas, kita bisa ambil clay yang sudah dipanggang?”  2 minggu lagi, Bu. “Hoalaah, lama amaaat?” Iya Bu, soal manggangnya mesti banyak sekaligus karena mesin pemanggangnya besar..biar lebih hemat biaya. “Oooh…” (tersenyum mafhum).

So we’ll be back 2 more weeks and see our project. Ga PD sih ama hasilnya, ahahahah. Yuukks ajak anak2nya kesiniii.

Info aj:

1. Mendingan datang ke sini rombongan. Karena sepi banget dan akan lebih seru kalo pas waktu buat claynya dengan anak2 segambreng.

2. Datang pagi pulang siang. Jangan kayak kami..kwkwkwk datang siang, pulang sore. Panasnya kriik…kriiik…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s