Seminar STIFIn 2 (Sensing, Thinking, Insting, Feeling, Intuiting)

Posted: March 28, 2016 in Rupa-Rupi, Tumbuh Kembang Anak

Berikut adalah beberapa ciri umum dari tiap tipe MK yang kemarin sempat saya ingat. Pastinya ingatan saya tidak lengkap :p.

SENSING (rajin) dicirikan oleh otak limbik kiri yang lebih dominan berkembang. Punya memori yang kuat (*jangan sampai berhutang sama orang Sensing wkwkwk), on track, butuh pembuktian, mudah terbakar semangat, mudah dimotivasi, memperhatikan detil (baju lecek, risih. Keciprat noda, risih), traksaksional, rajin, tahan banting, senang tampil, kurang kreatif alias miskin ide (*paling banter bisanya ATM-amati tiru modifikasi), ga bisa LDR-an (dijamin kalo LDR dia bakal cari pacar baru :p), mengutamakan efisiensi. Chemistrynya adalah harta. Artinya kalau mau membuat orang Sensing maju, maka iming2i ia dengan insentif. Contoh: “Kalau lo kerjakan tugas ini, gaji lo bisa naik 5 jt dalam setahun loh”.

THINKING (pandai) dicirikan oleh otak kiri atas yang lebih dominan berkembang. Orangnya logis, rasional, selalu mencari solusi untuk tiap masalah (*padahal kalau orang curhat kadang pengen didengerin doang, eee dia sibuk cari solusi ahhaha), dingin, ga begitu suka ngobrol (kalaupun ngobrol sama orang yang udah kenal dekat, atau topik yang ia kuasai). Kurang empati, kritis, menuntut hak, suka hitung2an, mengutamakan efektivitas. Ngomong sama orang Thinking harus pakai data. Wanita dengan sifat thinking cenderung susah untuk “manja”. Susah dipengaruhi dan mudah dihambat masalah. Chemistrynya dengan tahta, artinya bila bekerja ia akan berusaha mencari posisi walaupun gajinya kecil, yang penting jadi “orang penting”. Tipe ini cocok menjadi Manager karena bertangan dingin dan semua harus sesuai deadline.

Intuiting (kreatif) dicirikan oleh otak kanan atas yang lebih dominan berkembang. Orangnya unik, kreatif, penuh ide. Abstrak alias tidak mudah dimengerti, pemikirannya berorientasi ke masa depan. Gila kerja, senang membaca. Suka tontonan fiksi, senang melupakan (*kalau mau berhutang, pilihlah ke orang Intuiting bahahaha). Susah untuk dimotivasi karena motivasinya muncul dari dalam diri sendiri. Tidak on track alias mudah berpindah pekerjaan selama yang bersangkutan senang mengerjakannya, suka utak-atik, ulik-ulik dalam waktu lama. Tidak takut resiko dan punya bakat untuk menjadi pengusaha. Chemistrynya dengan Kata alias Ilmu dan Ide. Intuiting cocok untuk bekerja di belakang layar, menghasilkan ide2 brilian lalu meminta tipe lain untuk mengerjakannya :p.

stifin

Feeling (emosi) dicirikan oleh otak limbik kanan yang lebih dominan berkembang. Orangnya ramah, hangat, mudah bersosialisasi, populer, penyayang, memperhatikan kepentingan orang lain. Sukanya film2 romantis. Pergerakan lambat, senang curhat, kurang pandai menjaga rahasia namun pandai meyakinkan. Cocok untuk menjadi pemimpin karena sifatnya yang mengutamakan kepentingan orang banyak. Bersemangat tinggi, namun mudah tersinggung. Chemistrynya dengan Cinta.

Insting (naluri). Dicirikan oleh otak tengah yang lebih dominan berkembang. Insting termasuk langka karena jarang ditemukan. Punya sifat paling religius ketimbang tipe lainnya, namun temperamental. Spontan, naluriah, senang yang simple2 (pragmatis). Generalist, semua bisa ia kuasai. Tidak punya kekurangan tapi juga karena generalis maka tidak punya satu bidang yang benar2 bisa ia kuasai secara penuh. Semua mau dikerjakan sehingga hasilnya selalu nanggung. Mudah beradaptasi. To the point, temannya banyak. Suka mendamaikan perselisihan. Chemistrynya Bahagia. Asal ia bahagia, maka ia akan puas. Kadang kebahagiaan yang kecil saja sudah menjadikan ia puas sehingga sulit untuk maju. Suka menolong sehingga uangnya habis untuk menolong sesama.

Nah, tiap tipe ini nanti dibedakan lagi menjadi introvert, extrovert, dan golongan darah. Tiap2 tipe kecil itu akan punya cara belajar masing2, punya jurusan/profesi yang sesuai karakternya. Semua dibahas lengkap di trainingnya (termasuk STIFIn untuk pasangan juga loh) tapi tidak akan saya bahas disini soalnya puanjang rekk. Mendengar penjelasan2 di atas, saya optimis saya adalah orang sensing yang berchemistry dengan harta. Suami adalah feeling yang berchemistry dengan cinta (*tsah), dan Alif pun juga demikian. Namun apa yang terjadi. Saya ternyata memiliki mesin kecerdasan INSTING (si Indra ke-7 yang Serba Bisa).

DENIAL! Saya sih ga masalah dengan julukan Indra ke-7 dan Serba Bisa yang tampak keren itu. Saya hanya bertanya2 dengan sifatnya yang “banyak teman” (sujud syukur kalo iya wkwkwk soal saya ga gaul), lalu senang menolong orang sampai kekayaannya habis (*hah???), lalu easy to pleased alias dikit2 senang sehingga sulit maju (*apaaaa??). Speechless. Masa sih? Spiritual? Iya sih belakangan agak2 spiritual tapi bayangkan kalau dari SMA saya sudah menjalani STIFIn lalu dimasukkan ke sekolah teologi, lah dulu di pesantren Al-Azhar aja saya termasuk yang bandel dan membangkang *_*. Ini beneran ga ya hasilnyaaa? Kalau saya aja merasa ga cocok, apa nanti STIFIn anak saya bakal cocooook? Karena curious saya tanya peserta lainnya. Ternyata ada yang merasa cocok, ada juga yang engga cocok. DENIAL, menurut instrukturnya adalah reaksi yang wajar terjadi karena kita biasanya ingin memiliki mesin yang sesuai dengan “penakluk” kita (*nyelip info dikit ya. Jadi tiap tipe itu punya suporter dan lawan masing2. Misal nih…feeling itu bakal akur banget dengan sensing. Thinking akurnya dengan insting. Sementara itu, jangan pernah sandingkan sensing dengan insting dalam bekerja karena aura insting pasti akan tertutupi. Jangan sampai menyandingkan intuiting dengan sensing karena sensing pasti kalah. Begitulah kira2). Wah, saya diam aja dan berusaha mencerna.

Eniwei, semua tipe mesin kecerdasan sebenarnya bagus ASAL kita bisa memperkuat kelebihannya dan menyalurkan kelemahannya di cara yang tepat. Data sudah diberikan, panduan sudah diberikan, tinggal kita nih, mau menyesuaikan dengan strength/weakness kita atau tidak. Kalau mau, niscaya kita akan menjadi orang yang lebih sukses dan bermanfaat. Kategori pengembangan mesin kecerdasan ini ada 4. Yang pertama adalah personality yaitu mengetahui tipe mesin kecerdasan kita dan menerimanya. Yang kedua adalah mentality alias personality yang diasah. Yang ketiga adalah morality alias mentality yang bermanfaat bagi sesama. Yang keempat adalah spirituality alias morality yang mendekatkan diri pada Penciptanya. Bingung? Saya kasih contoh yaa.

Misal tipe feeling. Kita tahu feeling adalah orang yang hangat, ramah, populer, namun sayangnya baperan dan kurang pandai menjaga rahasia. Ternyata kita termasuk tipe feeling. Kita tahu kelemahan kita tapi masih juga melakukan pembenaran dan berkata, “Ya wajarlah gw ember, gw kan tipe feeling.” — ini berarti kita masih dalam tahap personality. Mengakui kita tipe feeling namun tidak mengasah kekurangan kita. Sebaliknya, jika si tipe feeling ini berusaha untuk tidak ember, hanya menyimpan dalam hati dan curhatnya saat berdoa pada Allah — berarti ia sudah masuk dalam tahap mentality. Tipe feeling yang hangat dan ramah ini lalu mengembangkan kelebihannya dengan memilih profesi yang sesuai bakatnya, misalnya psikolog. Sebagai psikolog ia berusaha membantu orang2 yang mengalami masalah dalam hidupnya dengan ikhlas — maka ia sudah masuk ke tahap morality. Selanjutnya spirituality yah bisa ditebak yaaa. Misalnya menggunakan kelebihannya ia menggalang pengajian di grup psikolognya. Atau sedekah rombongan. Itu salah satu contohnya.

Alif setelah ditest masuk dalam tipe Intuiting Introvert. Ia adalah calon businessman sejati (bila percaya STIFIn-nya). Yaahh, bener ga yaaaa? Mari kita lihat ke depannya :D. Alif masih 7 tahun. Nanti di umur 10 tahun secara umum akan terlihat preferensinya ke arah apa.

So mau ikutan STIFIn juga gaa? Googling aja yaaa tempat2 tesnya ^^. Oh kalau misal butuh info, bagaimana menghadapi bos yang punya tipe feeling.sensing.etc? Disini jawabannya ya. Semoga berhasil.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s