Titit Kecil pada Anak, Bagaimana Mengatasinya? (2)

Posted: June 26, 2016 in Tumbuh Kembang Anak

“Memangnya kalau lewat usia pubertas, ga akan ngefek ya dok?” — Kalau sudah lewat masa pubertas maka sudah bagiannya dokter andrologi, bukan dr endokrin lagi Bu :).

“Jadi sekarang kalau saya ingin tindakan, apa yang harus saya lakukan dok?” — Ibu lakukan ronsen telapak tangan kiri anak ya. Bisa dilakukan di RS yang ada fasilitas ronsennya. Cukup telapak tangan kiri saja. Tujuannya untuk mengetahui apakah usia tulang anak ibu lebih besar atau lebih kecil dari usia lahiriah. Saya sebenarnya yakin usia tulangnya lebih kecil dari usia lahiriah tapi kita pastikan saja dengan ronsen. Usia tulang ini akan mempengaruhi berapa besar dosis yang akan diberikan.

Setelah puas tanya sana-sini, akhirnya kami sepakat agar Alif ditindak saja. Jadi kami akan mengambil foto ronsen di RS Hermina Depok (rujukan kantor) yang kemungkinan besar antriannya akan lama itu hahaha. Keluar dari klinik, langsung ketemu Eat n Eat, eaaaa. Enak benar lokasi klinik ini yaaa, dekat dengan surga makanaaan.

————————————

Maka tanpa pakai lama, Alif segera foto ronsen. Fotonya mah 5 menit saja, antrinya yang lumayan lama. Sejam kali ya. Harga foto ronsen di Hermina Depok sekitar 240rb. Setelah dironsen, kami tinggal dan akan kami putuskan untuk ambil hasil besoknya, karena menunggu hasilnya saja bisa sejam lagi lamanya, phew. Pembacaan ronsen akan dilakukan oleh dr Fridanya langsung, namun di hasil ronsen biasanya juga sudah ada kok hasil bacaan oleh dr ronsen Hermina Depok. Proses ronsennya sendiri berlangsung santai saja. Alif stay happy namun pendamping tidak boleh masuk ke ruangan ronsen agar tidak terkena radiasi. Foto ronsen itupun kami bawa ke dr Frida minggu depannya. Kami lihat foto ronsen itu bersama2 dan dokter menjelaskan arti gambar tersebut. Dicocokkan dari panduan, usia tulang Alif sekitar 6 tahun. Alif pun disuntik. Proses suntiknya tidak sulit, kelar suntikpun juga tidak ada keluhan apapun. Semua berlangsung smooth dan menyenangkan. Biaya suntik+dokter+tiap datang ada biaya 50rb, totalnya sekali datang sekitar 700rb-an. Alhamdulillah sekali yaa dari kantor saya digratiskan untuk berobat.

Nah selang seminggu dari suntik memang saya perhatikan titit Alif membesar, bisa sampai 2.5x lipatnya. Alif juga tampak heran, kok tititnya jadi besar mendadak. Alif tanya ke kami dengan lugunya (*lucu yaa anak2 itu). Namun sesuai saran dokter, agar anak tidak cemas kami bersikap cuek saja. Yang penting kalau anak bertanya, kami minta agar jangan dipegang2, dan jangan over excited juga. Jadi kamipun cuek2 saja, sehingga Alif melihat ortunya cuek, dia pun jadi ikutan cuek2 saja wkwkwkw. Sekarang sudah 2x suntik, ukuran penis Alif sudah 4.7cm. Tiap suntik jaraknya 3 minggu. Untuk Alif tinggal sekali suntik lagi. Semoga prosesnya lancar dan ke depannya juga baik2 saja yaaa, aamiiiin.

*update terbaru. Selang 6 bulan setelah disuntik terakhir, Klinik Brawijaya menelvon saya untuk kontrol progress. Dan waktu saya bawa Alif kesana, Dr Frida mengatakan hasilnya sesuai harapan. Panjang titit Alif berkurang 0.6 cm, dan itu masih range yang normal. Kami diminta kembali 1 tahun lagi 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s