Sok Tahu Sekali, Sih.

Posted: June 26, 2016 in Muhasabah Diri

Sebagai seorang kolerik yang hampir mendekati murni 100%, saya orangnya cenderung sok tahu, sok pandai, sok analis, sok merasa paling benar, dan berbagai sok2 lainnya. Di usia 30-an ini saya menyadari betapa dulu sejak SMA sampai…yah sampai sekarang juga sih, saya benar2 kolerik parah namun bangga dengan sifat2 negatif itu.

Sebut saja kejadian waktu SMA. Seorang senior menanyakan dengan lembut dan sopan. Kapan saya akan memakai jilbab? Saya langsung jawab dengan sengit. TIDAK AKAN! Dia tertawa, dan dia jawab,”Belum..bukan tidak akan.” Bukannya manut, saya balas lagi, “Memang TIDAK AKAN!!” (*sambil dalam hati berkata, sok tau sekali sih :p). Kenyataannya? Usia 32 tahun saya memakai jilbab dan bahagia telah memutuskan untuk memakai jilbab.

Seorang guru Aqidah di SMA menasehati saya untuk tidak pacaran (*3 tahun di SMA, 3 orang juga pacar saya). Katanya, “Buat apa masih muda pacaran. Toh kamu belum tentu menikah dengan pacarmu itu.” Saya diam saja. Diam yang melawan karena dalam pikiran saya berkata,”Lihat nanti akan kubuktikan aku akan menikah dengan  pacarku.” Kenyataannya? Baru juga bimbel kuliah, pacar sudah saya putusin.

Banyak amat contohnya, tapi ini contoh paling anyar. Seorang rekan kantor saya, senior, wanita, mengatakan bahwa sebagai seorang muslim tidak boleh memilih pemimpin beragama lain (*ini terkait isu paling gres tahun itu di Jakarta, yaitu A**K). Oh, saya yang sudah usia 30 tahunan ini sekarang koleriknya semakin menyusut walau tidak juga menjadi 50% ya :D. Sekarang lebih banyak diam menyimak, tidak melawan lagi. Namun mendengar senior saya berkata begitu, dalam hati saya berpikir “Tapi, apa gunanya memilih pemimpin Islam kalau kita tahu ia tidak bagus? Bukannya mendingan memilih pemimpin non Muslim tapi yang sudah jelas prestasinya?” Walaupuuun…saya kan tinggal di Depok ya. Tidak akan memilih juga hahaha. Tapi beberapa bulan ke depannya, saat saya sedang membaca Quran sekaligus terjemahannya, saya ketemu dengan ayat ini.

QS. 3. Aali ‘Imraan : 2 …….Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi WALI (PEMIMPIN / PELINDUNG) dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara  diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya. Dan hanya kepada Allah kembali(mu).”

Dan masih banyak surat lainnya yang isinya kurang lebih sama. Kalau sudah Quran yang berkata, Allah sendiri yang bicara, saya ini mau sok pintar gimana lagi sih :)? Ilmu cetek begini, mau mendebat Allah yang Kuasa?

Berdasarkan banyak kejadian itu, saya bermuhasabah..
Febrie…kolerik itu bagus kok. Orangnya gigih, pantang menyerah, selalu mencari peluang, inilah, itulah…tapi kamu kan juga tau apa sifat negatifnya. Ya yang negatif itu diperbaiki, jangan malah bangga dan menjadikan itu sebagai “identitas diri”. Jangan malah demen ngomong “Gw kolerik, ya inilah gw.” Kalau orang lain menasehati, segimana kamu ga terima dia ngomong begitu, coba diam dan simaklah. Pikir dengan jernih. Dengan objektif. Siapa tahu isinya benar dan bermanfaat. Siapa tahu memang kamu yang ilmunya belum cukup. Udah ga zaman lagi melihat isi nasihat dari like/dislike personelnya. Malu sama umuuuur T-T. Jadi manusia mbok ya semakin maju, semakin dewasa, semakin jadi panutan. Anak udah gede, kalau sifat masih ngeyelan ga jelas, mau didik anakmu seperti apa?

Cekluk (*nelen air ludah). Iyaya…semua perdebatan yang terjadi selama ini, dari muda dulu sampai seumur ini, setelah lama ditelisik kembali, ternyata banyak juga yang memang disebabkan saya sok tahu padahal mah gatau apa2. Tapi soknya udah muncul duluan. Astaghfirullah…semoga bisa memperbaiki sifat ini. Aamiiiin.

 

Leave a Reply

