Percobaan Pertama, Pondan Brownies Ketan Item

Posted: May 14, 2013 in We Can Cook ^^
Tags: , ,

Mixer Mama udah datang, horeee!! Dandang kecil udah ada, dandang besar barusaaaan ini hari dibeli, naik motor, panas terik, kucel dan belon mandi. Pondan yang paling mudah yaitu Pondan Brownies Ketam Item (*cuma perlu telor doang hahahha) udah nangkring di lemari dapur dari minggu kemarin. Mantap hati, saya akan mulai coba memasak hari enneeeh! Ayah udah siap2 mau pergi, katanya mau beli bak buat disangkutin di belakang motor. Eeeiiit ayaaaah, jangan kemana2 duluu…pantengin aksiku biar romantis ada yang jepretin, wkwkwkk.

panduan membuat Pondan brownies ketan item

panduan membuat Pondan brownies ketan item

Tapi ternyata, anak guwee…ookh anak guweee…menghancurkan rencana besar ini. Begitu liat mixer aj, dia udah ngecup. “Ibu..aku nanti pegang yang ini ya. Nanti aku pegang yang ini ya.” Ituuu mulu yang diulang2 sementara ibunya sibuk bbm-an di toilet, nanya sani sini apakah 100 ml sama dengan 100 cc, wkwkwk.

Dan setelah dapat jawaban dari bo Pamela bahwa memang cc itu = ml, mulailah eke dengan mantap. Bahan2 ditarok di atas meja makan. Dari resep Pondan, gambarnya si menunjukkan bahwa hasil akhirnya nanti bakal seukuran loyang 10x20cm. Itu mah pake dandang kecil juga cukup keknya. “Mbaak, tolong rebus air di dandang kecil yaaa.” (*enak ya punya Mbak, ada yang siaga menolong, kekekeek).

Kemudian…start pertama, pecahin telur 4 butir, eeiitsss…kulitnya kok ikutan masuk. Biarlah, buat konsumsi pribadi ini. Lalu kocok telur dengan mixer kecepatan tinggi selama 3 menit. Aaakhhh baru sebentar, mixer tiba2 udah di tangan Alif T-T. Ayah bukannya bantuin bujukin Alif biar turun dari kursi meja, malah asik nonton TV.

Setelah telur mengembang, masukkan Pondan brownies ketan item. Oke, guntiing…guntiiing. Cress, digunting. Ambil sendok, mau masukin ke baskom mixer eeee tiba2 Pondannya diambil Alif lagi T-T. Gw sekarang yang disuruh Alif buat megang mixer. Oalah Naak, ibu ini bosnyaaa, bukan kamuuu, hiks. Alif pun kemudian memasukkan Pondan dengan khidmat alias lambreta sangaaaatt. Tiap nyemplungin Pondannya, paling banter seukuran setengah sendok makan. Kapan abisnyaaa? Emaknya udah keburu pegel megangin mixer. “Aliif…yang cepat Nak. Sendokin yang tebeeel.” Patuh, Alif langsung menumpahkan semua isi Pondan ke baskom, oemji!! Uhuk2, debu ungu Pondan bertebaran kemana2, meja makan langsung kotor seketika. Dan entah kenapa tiba2 mixer udah balik ke tangan Alif lagi, eaaaa.

Dibuka matanya toh, Nak..biar ga tumpah2...kekekek

Dibuka matanya toh, Nak..biar ga tumpah2…kekekek

Boro2 ujung kaki Mixer ada di dasar baskom, si Alif sibuk naikin..nurunin…naikin…nurunin tu mixer sehingga sudah ketebak ada cipratan dimana2. Sampe ayah komat kamit, “Lain kali kalo belajar buat kue di garasi aj biar meja makan kita ga kotor.” Kekekek, oh ayah kejamnya dirimu. Kueku engkau satukan dengan motor T-T.

Liat2 adonan hasil kocokan Alif, kok jadi banyak giniii. Keknya ga cukuplah di loyang 10×20 itu. Waaa panik, panik! “Mbaak..ganti dandang ya. Pake dandang baru aj, keknya hasilnya jadi banyak gini?” Wess, memang enak kalo ada mbak, dandang langsung pindah dari tungku kiri ke tunggu kanan. Lalu perintahnya, loyang dioles dengan sedikit mentega..halaah, memang apa salahnya kalo banyak mentega. Yang penting cepet kelar abisan liat adonan keknya udah mulai mau luber dikocok terus ma Alif. Disuruh berhenti ngocok, eee mewek, tangannya keukeuh tetap megang mixer. Wis, cabut aj kabelnya, lekas dipindahkan ke bak cuci. Alif ngeak, ikutan ke bak cuci piring. Kesempatan, buru2 gw tuangkan santan instan 100cc, blep2, enjen dikocok2 sampai rata. Adoooh dan tiba2 saja tangan Alif udah ikutan megang sendok santan T-T.

duo dandang

Tuh foto duo dandang, kekekek. Beneran ternyata memang perlu dandang gadang. Betewe yang di sebelah dandang adalah kaos bobo ayah, yang mendadak dipake buat bungkusin tutup dandang. Hooh, emang salah gw ingatnya baru belakangan kalo tutup dandang musti dialasi serbet ya biar uap airnya ga netes ke adonan. Lah nemu serbet dimanaaa cuba untuk dandang diameter 38cm? Mosok kain pel? Akhirnya kaos bobo ayah jadi korban huahahahha. Kenapa bukan kaos eke sendiri? Pertama kaos saya kiyut2, kedua..ayah ga marah tuh, cuma hela nafas doang. Gapapa ya Yah, abis browniesnya matang, kaosnya dicuci nti bisa dipake lagi wkwkwkwk. Eniwei busway, nyadarnya kalo tutup dandang mesti dilingkupi serbet juga setelah 5 menit proses mengukus berjalan. Padahal seinget otak gw yang sempit ini, peraturannya tutup dandang ga boleh diangkat sebelum waktunya kalo ga, ntar bolunya ngambek kembang. Ya mau gimana lagi yaa, udah terlanjur. Gapapaa…konsumsi pribadi ini :p.

Adonan pun dikukus di api besar selama 30 menit. Rencananya mau beres2 kekotoran di meja makan tapi tiba2 datang orang ke rumah ngetok2, ngasi pemberitahuan kalo kita udah nunggak bayar gas selama 3 bulan, jadi mau diputus sekarang. Laaah nasib kueku piyeee??? Cepet2 deh ganti baju buat bayar gas. Ayah ganti baju, emak ganti baju, Alif juga ganti baju. E buseed, bayar gas aj kenapa formasi mesti lengkap gene? Gatau deh, refleks aj, yok ayook berangkaaat!!! Mbaak, kalo udah 30 menit loyangnya diangkat terus didinginkan aj di meja yaaaa…, sama tolong bersihkan meja makaaannn (*sambil tereak), brrmmmm.

Sampe rumah, brownies udah jadi dan wangi. Perasaan tadi adonannya warna ungu muda, begitu jadi warnanya berubah ke ungu keiteman. Gw coba, eym, kurang manis. Tapi kok jadi juga ya ni kue, tetap ngembang tuh. Padahal udah mengalami kekacauan sana sini. Memang Pondan itu luar biasa ajiiib. Anak kecil aj yang buat, bisa jadi ni kue. Jadi kalo gw sukses dengan Pondan, ga boleh bangga dong ya hehehe.

Untuk inovasi rasa, gw belek browniesnya, dikasih selai apaaa gitu yang ada di kulkas. Kebetulan adanya selei Blueberry, kalo ada selai nanas, mungkin gw masupin juga hahahaha. Lumayan jadi lebih manisan. Ini mah mahalan selainya daripada Pondannya :p

Pelajaran yang gw dapat hari ini adalah:

  1. Masak kue kalo Alif sedang bobok aj
  2. Anak gw sepertinya pengen jadi chef
  3. Mbak adalah penolong umat.
  4. Udah, itu aj

Sampai jumpa di next Pondan, huss!

*special thanks buat Pamela atas infonya, Alif yang udah banyak ngebantuin, ayah buat bantu jepret2, dan especially for Mbak Yayah yang sigap menangani semua kekacaoan wkaakkaa.

Advertisements
Comments
  1. apple3yo says:

    Hi mba…slm knl y….selalu seruuu baca blog-mu lho mba.asiik bgt cerita2xnya….

    Like

  2. mydoubledee says:

    Mba tambahan pelajarannya : klo perlu serbet buat tutup dandang besar pinjem baju bobo ayah.. Hehehhehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s