Bebas Riba (2)

Posted: July 11, 2016 in Muhasabah Diri

Setelah 1 hutang mobil lunas, tanpa istirahat, kami niatkan lagi untuk melunasi hutang rumah. Rumah yang mana dulu yaa? Ada KPR BSM, KPR Panin, dan HOAP kantor. Kalau melihat isi buku KTKN (Kembali Ke Titik Nol) yang ditulis oleh Saptuari Sugiharto, beliau menyarankan, mulailah melunasi dari yang paling mudah secara jumlah, namun cukup besar dalam cicilan/bulannya.

Suami menyarankan KPR Panin, karena (1) cicilannya lumayan besar dan (2) Panin adalah bank konvensional jadi ribanya lebih besar sementara BSM adalah bank syariah. Tapi saya lebih merasa berat ke KPR BSM dengan alasan (1) cicilannya sama besarnya dengan Panin, (2) bunga ribanya besar sekali. Padahal selama 4 tahun sudah dicicil menggunakan HOAP kantor, tapi saat dipindahkan, dengan tenor kembali ke 15 tahun eee jumlah cicilan yang dibayar malah lebih dari 2x lipat waktu di kantor, (3) namanya saja yang bank syariah tapi cara kerja sistem KPRnya mirip dengan konvensional. Disini kami beradu pendapat tapi berhubung suami ga suka ribut dan ribet :p, akhirnya kami putuskan akan fokus ke pelunasan BSM. Jumlah yang harus dilunasi seharga mobil Ertiga.

Uangnya dari mana? Dari menabung tiap bulan. Alhamdulillah, sejak bekerja di oil company, lifestyle selalu kami tekan jadi bisa menabung cukup besar. Selama ini pengeluaran banyak di liburan. Semenjak suami bekerja di luar pulau, otomatis dana liburan tidak terpakai jadi bisa ditabung. Saya berpikir sekitar September 2016 kami bisa melunasinya. Kan ada THR juga ya.. Bismillah, semangat.

Tapi disinilah lagi2 Allah menunjukkan kuasa-Nya. Ternyata memang benar loh, teman2. Ketika kita berniat kuat untuk mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, maka Allah akan turunkan kemudahan untuk kita. Suami tiba2 mendapatkan rezeki besar dari kantornya. Rezeki itu cukup bahkan berlebih bila digunakan untuk membayar hutang KPR BSM ini. Rasanya ingin menangis T-T, bersyukur sekali pokoknya. Kami jadi bisa melunasi hutang ini dengan cepat. Terhitung bulan Mei akhir 2016, hutang KPR BSM bisa kami lunaskan. Alhamdulillah wa syukurillah…begitu mudah semua dijadikan oleh Allah. Allah hanya mengatakan “Kun!”, maka 8 bulan yang saya prediksikan diubah dengan sangat cepat menjadi 1.5 bulan saja.

Jadi teman2, pelajaran yang bisa saya ambil adalah…tidak perlu ragu melangkah bila itu untuk mendekati-Nya. Karena Allah maha kaya dan maha kuasa. Apa yang kita pikirkan sulit, adalah mudah bagi-Nya. Dan apa yang kita rencanakan mati2an, bisa diubahnya dengan mudah dalam sekian detik saja. Semoga semakin menginspirasi teman2 dalam melunaskan hutang riba, aamiiin.

*bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s