Belajar Hal Baru Lagi: Trading Saham

Posted: August 5, 2016 in Financial Plan

Setelah memutuskan berhenti (untuk kemudian join kembali) di Oriflame, saya menjadi underload. Underload itu adalah waktu di rumah menjadi berlimpah-limpah. Di rumah alhamdulillah ada 2 asisten, yang rela saya bayar dengan maksud agar sampai rumah saya tidak mengerjakan apa2 lagi. Tinggal bercengkerama dengan keluarga. Lalu istirahat yang cukup 😀 biar awet muda. Tapi memang dasarnya saya suka sibuk, akhirnya malam hari perlahan mulai merasa hampa kurang kegiatan.

Walhasil saya mulai mencari2 kegiatan. Apa ya kira2 yang bisa dikerjakan tapi loadnya ga begitu tinggi? Eee dijawab sama Allah. Seorang teman kantor bercerita bahwa dia baru saja mengikuti training trading saham. Teman kantor yang bernama Haekal ini berencana akan sekolah ke luar selama 1 tahun. Jadi rencananya sebelum pergi ia akan invest di saham, lalu pas pulang dia tinggal melihat seperti apa progressnya.

Uwooww, saham?? :O. Wahana investasi paling canggih (*menurut saya ya) yang pernah saya kerjakan adalah reksadana saham. Itupun sudah mulai saya tinggalkan karena bisnis Oriflame saya menghasilkan lebih banyak pemasukan. Tapi kalau saham…wah kok sepertinya menarik. Memang pada dasarnya saya suka belajar hal baru. Tapi tunggu, halal ga ya trading saham itu? 😦

Akhirnya karena penasaran saya googling dan alhamdulillah, trading saham sudah dinyatakan halal oleh MUI sejak 2011. Berkurang satu keraguan, saya jadi mantap untuk mulai mencari info. Sayapun akhirnya mengikuti training saham yang disarankan oleh Haekal pada bulan November 2015. Nama trainingnya Trading Profits, dibawakan oleh Ellen May. Biayanya kalau ga salah 5jt, untuk training selama 2 hari, bonus software. Mulai dari jam 8-17. Dananya didapat dari hasil merayu2 suami untuk pakai uang tabungan hohoho. Yaa suami yang memang udah ngerti sifat istrinya ini langsung oke2 saja.

ellen may

Maka datanglah saya ke training itu dengan semangat. Tempatnya di hotel kecil di Jakarta Barat. Waktu datang ke training tersebut saya agak kecewa dengan hotelnya. Ruangannya kecil untuk peserta berjumlah hampir 80 orang. Tiap orang bawa laptop, jadi ngetiknya ga bisa leluasa. 1 meja diisi oleh 3 orang. Snacknya kurang sedap. Air wudhu di musholanya asin dan kamar mandinya tidak bersih. Saya punya banyak list complaining sebelum kemudian menyadari bahwa untuk harga 5jt, memang inilah kualitas akomodasi yang bisa saya dapatkan. Selama ini training2 dari kantor memang diadakan di hotel bintang 5, di Bali/Bandung/Jakarta/Lombok dengan snack dan makanan yang enak, belum dihitung bonus tas dan printilan lainnya. Sekelas itu harga trainingnya minimal 20jt. Jadi saya langsung merasa malu pada diri sendiri. Saya sanggupnya hanya bayar 5 juta tapi mengharapkan fasilitas 20 jt? Tentu saja tidak bisa :). Jadi akhirnya saya diam dan menerima.

Terlepas dari masalah hotelnya, trainingnya sendiri sangat memuaskan! Ellen May logatnya medok dan ramah. Menjelaskan dengan cepat, tanpa banyak muter2. Sepertinya kalo saya tinggal ke toilet sebentar saja, saya akan kehilangan banyak ilmu. Akhirnya saya tahan2 pipis deh T-T, menderita. Untuk batch kali ini pesertanya kebanyakan cowok, usia 35 ke atas. Banyak chinese juga dan sepertinya cuma saya deh yang paling cupu… Yang lain rata2 sudah pernah trading, minimal sudah punya akun untuk trading. Saya? Buat akunnya aja belum tahu bagaimana caranya :p.

Kami kemudian diajarkan apa kelebihan investasi di saham. Lalu apa yang membedakan penjudi dan trader. Siklus2 saham. Trend dan pattern2 saham. Cara menganalisanya. Lalu ada juga mentor lain (cowok) yang spesial mengajarkan manajemen modal dan manajemen psikologi dalam trading. Seluruh materinya menarik bagi saya, tapi dijejali ilmu begitu banyak selama 2 hari berturut2 ya rasanya kram otak juga hehehe. Untung ada buku panduannya. Sayapun kemudian bertekad untuk segera mempraktekkan ilmu ini. Ceritanya akan saya bahas di postingan berikutnya yaa.

Oiya…bagi yang ingin mengikuti trainingnya bisa lihat jadwal trainingnya di web ini ya. http://www.ellen-may.com/

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s