Naah, acara berlibur kali ini tujuannya murni adalah untuk menyenangkan hati anak gw-Alif kecil. Abis kecian, ayah ibunya kan bekerja dari pagi-sore, ditambah dengan kemacetan, wah sampai rumah bisa magrib kalo ga malam. Kebetulan lagi kantor menyediakan fasilitas rest and relax, jadi hayuuuuu kita tamasyaaa!! Untuk tamasya kali ini, gw en suami sengaja mengambil cuti hari Jumat demi menghindari kemacetan Puncak yang sudah melegenda itu. Gw yakin hampir semua orang udah pernah ke Taman Safari tapi sudahkah kalian mencoba menginap disana?? Jangan2 pada gatau lagi kalo disana juga menyediakan penginapan, qiqiqiiq :D.

Jumat, 30 April 2010

Singkatnya, Jumat pagi jam setengah 7 kami udah berangkat. Total personel ada 5 orang meliputi gw, suami, nyokap gw, mbak Fina, dan Alif kecil. Emang dasar gw ibuk2 yang baik ya, tipe penuh persiapan, terkontrol, terencana, dan terpola!! Mulai dari bedcover, karpet kasur, kaos kaki, 1 box mainan Alif, bahan masakan, bekal, mie instan lengkap dengan telurnya, sabun cuci piring, mangkuk2, raket nyamuk, mpe wortel buat makanan hewan udah disiapin di bagasi. Mpe suami gw komen, “Mau piknik sebulan ya??” (Huh, belon tau aj dia). Kitapun cabut dari Depok dengan mengendarai Avanza 1300 cc lewat Cibubur.

Sampainya tepat jam setengah 9, perjalanan lancer jaya (iyalah, Jumat gitu loh). Kita langsung menuju Taman Safari, ee belon buka (nah info pertama nih : Taman Safari bukanya dari jam 09.00 – 17.00). Akhirnya kita pergi reservasi dulu. Jadi sodara2, Taman Safari ini ternyata menyediakan berbagai macam tipe penginapan. Ada Safari Lodge (yang bentuk kamar hotel), ada yang caravan (mirip2 trailer gitu deh), dan ada yang bungalow.

Berhubung Alif masih kecil, belum bisa makan makanan orang dewasa, jadi kita pengen tempat yang ada dapurnya buat masak. Kebetulan yang ada dapurnya cuma bungalow, itupun yang bungalow 3 kamar. Yasud, terpaksa kita sewa yang itu. Harganya??? Rp 1.045.000, itu juga kalo week-day, wekewek!!! Fuuh..fuuh, untung diganti kantor :p. Selesai reservasi kita langsung diantar ke bungalownya. Wah lumayan masuk ke dalam tuh, naik mobil aj kira2 bisa 7 menitan. Jalannya kecil, mendaki, agak gelap, pohon tinggi sana sini, iih ko spooky yaa, glek.

Sampai di Bungalow kita langsung terpana, weiii, luas weiii adalah kira 120m2. Dapurnya cakep, kamar mandi oke, teras ada (fave suami buat merokok tu), kamarnya juga luas. Plus di belakang ada jeram kecil jadi terdengar deh suara gemericik air, kricik2…sangat adem rasanya. Sedang santai2nya gw jepretin isi dalam bungalow untuk dokumentasi, tiba2 nyokap ngibrit keluar dari kamarnya dengan muka ketakutan. Lah pan gw jadi penasaran. “Kenapa Mah, kenapaaa siii?”. Antara bingung mau menceritakan atau tidak, nyokap akhirnya berujar kalo waktu beliau lagi longok2 tempat tidur, eee tiba2 ada makhluk yang nongol disana.

Jerrrr…!!!! Ciut nyali gw langsung T-T. Agak takut2, kita rame2 periksa kamar nyokap, ah tapi ga nemu apa2 kok. Hya iyalah, ada gitu makhluk yang nongol di tengah keramaian? Sumpe deh, mood gw langsung ilang. Tapi masa sih udah bayar 1 jutaan, udah jauh2 datang semua jadi kacau cuma gara2 ada yang nongol? Berkat suami yang dengan sabarnya sibuk bujuk2 gw, akhirnya suasana hati kembali ceria heheheh. *tapi tetep selama di bungalow palagi malam hari, gw tempelin suami terusss :p.

Tepat sekitar jam 10, kitapun berangkat ke Kebun Binatangnya. Ternyata lagi, nah ini info penting kedua nih, kalo nginap di sana, tiket Kebun Binatangnya diskon 20% loh (bisa untuk Safari siang maupun Safari malam). Karena kita week-day jadi harga tiketnya 60 rebu, setelah diskon jadi 40 rebu, lumayan kaan. Masuk deh dan langsung disongsong ma zebra. Naah ini info penting ketiga. Seperti yang sudah gw ceritakan di atas, mobil gw udah lumayan penuh tuh ma wortel. Beli di Pasar Depok lagi, bukan di Puncak, biar murah. Gara2 saking ingin menghemat si wortel, akhirnya kita kasih makan hewannya dikit2 aj. Ternyata apa yang terjadi? Tiba2 aj kami sudah sampai di kandang singa, dimana setelah itu tidak ada lagi hewan yang mau makan wortel. Jadi wortel sisanya? Ya terpaksa dibawa pulang lagilah, mubazir banget kan. Intinya, hewan yang bisa makan wortel itu cuma zebra sama unta, itu juga pada nongkrong di awal2. Jadi habiskan sebagian besar wortel kita disana!!

Setelah puas di Taman Safari, kami langsung istirahat buat makan siang. Ternyata, di tempat peristirahatan itu lagi ada tontonan animal education show (Mulai dari gajah, singa, lumba2, burung, kera, semuanya ada). Nah yang gw tonton waktu itu adalah jadwal shownya si gajah. Lumayan seru loh, palagi buat anak2. Kebetulan lagi ada SD manaaa gitu yang wisata di sini, jadinya rameee banget. Hebuoooh deh. Habis makan, kami menuju Baby Zoo. Gratisan nih, alias ga bayar. Disana ada anak singa,  anak kera, anak harimau putih dan banyak burung. Kalo kita mau foto bersama anak2 tersebut baru deh kita bayar.

Nah selesai dari Baby Zoo, pengennya sih ajak Alif naik kuda poni/gajah/unta (cuma 10rb/1x naik), mana nyokap gw juga pengen naik kereta gantung (40rb/1x naik) tapi apa daya, jam sudah menunjukkan pukul 2 dimana kami merencanakan untuk nonton Wild Wild West. Apa sih Wild Wild West itu?? Mesti pada banyak yang ga tau deh :p, perginya cuma ke Kebun Binatangnya doang siii, padahal Kebun Binatangnya itu kan cuma setengah luasnya Taman Safari. Acara ini gratisan loh, rugi deh kalo ga nonton :D.

Jadi Wild Wild West ini lokasinya paling ujung dari Taman Safari. Bisa kesana naik mobil, bisa juga naik kereta yg khusus disediakan oleh Taman Safari for free. Wild Wild West dengan durasi 45 menit ini isinya adalah atraksi para koboi. Panggungnya lumayan luas, ada kali 40 x 20 m. Di panggung udah ada pasir, kandang, tiruan bangunan country, dll. Ceritanya sudah barang tentu ada, aksi panggungnya pun lucu sehingga cocok sekali buat anak2. Sound systemnya oke punya. Yang bikin heboh adalah atraksi ini melibatkan hewan2 juga mulai dari kuda, anjing, ayam, burung, tikus, kucing, dll. Mereka dilatih dengan seksama agar pandai berakting juga. Dalam hati mikir, kok bisa yaa…Psst, kata nyokap gw, koboinya ganteng2, macho gitu loh, huu dasar nyokap gw genit ahh :p

Keluar dari sana, udah jam 3. Baru aj mau masuk mobil buat cabcus, eeh udah ada keramaian lagi di seberang sana. Ada apaan sih?? Usut punya usut, ternyata lagi ada pertunjukan golden globe death, kalo gw di Pekanbaru menyebutnya tong setan. Jadi ada globe dari logam, mungkin kemarin diameternya sekitar 5m? Globe tersebut bolong2 sehingga kita bisa lihat dengan jelas isi dalamnya. Nah di dalamnya ada banyak motor yang melaju dengan kecepatan sangat tinggi. Kayak jet coaster aj, seliweran sana sini sampe mutar 360 derajat. Jumlahnya mpe 5 motor cuy, gile serem juge kan kalo ampe tabrakan. Habis pertunjukan globe death, kita sempatkan untuk foto2 sebentar, soal pemandangannya bagus si. Alif kecil juga maksa minta main air. Oh iya lupa bilang, Taman Safari ini penuh dengan air mancur dan jeram. Sehingga suara gemericik air terdengar di sana sini. Habis foto2, rencananya sih kita mau mengunjungi Taman Bermain (disana kan ada permainan2 mirip di Dufan hanya dalam ukuran yang lebih kecil) dan Kampung Irian buat ngeliat penguin, dan hewan2 lainnya tapi badan mah udah keburu capeee, ngantuuuk juga. Jadilah kami pulang ke Bungalow saja buat ngaso.

Setelah istirahat dan mandi, badan pun segar!! Sekitar jam 5 sore kami pun bergegas keluar dari Taman Safari, mau makan malam. Berdasarkan referensi teman2, Cimory yahud tuh buat dikunjungi. Jadilah kami kesana. Buat yang belon tau, Cimory terletak di km 77, kalau dari arah Jakarta dia ada di sebelah kiri. Penandanya adalah patung sapi, lumayan eye catching ko patungnya :p. Restonya tepat berada di atas lembah, jadi kita akan disuguhi oleh pemandangan yang menakjubkan. Waktu sampai disana, hari sudah menjelang malam. Kami pun mengambil meja yang semi outdoor. Dari jauh sudah terlihat kerlap-kerlip lampu, indah deh ditambah dengan hembusan angin malam yang sepoi2. Oh iya ada live musicnya juga lohh!! Bisa request lagu :). Menu disana cukup beragam mulai dari makanan Amerika (terutama sosis) sampai Indonesia. Nah kalau mau pesan minum jangan buru2 dulu. Ada baiknya berkunjung ke supermarket di bawah. Disana dijual susu segar Cimory (1 lt susu harganya kisaran 14 rebu) dengan berbagai rasa, juga ada yoghurt (5 rebuan). Buat oleh2 juga oke. Di Cimory juga ada taman bermainnya, jadi baik orang dewasa maupun anak2 akan betah sekali berada disini. Mengenai harga, perorang bisa kena 40 rebu. Rasanya lumayan enak dan tempatnya oke punya :D.

Sabtu, 1 Mei 2010.

Pagi sekitar jam setengah 7 kita udah bangun dan jalan2 di sekitar bungalow. Ternyata bungalow di sekitar kami ada banyak juga, dan tampaknya udah pada mulai diisi, hmm jadi ga spooky lagi deh, udah banyak manusianya, wkwkwk. Selain air mancur dan jeram yang kerap ada, taman kecil juga sering kita temukan disini. Barang 200 m ada taman lengkap dengan ayunan, 200 m lagi eh tamangitu lagi :D.

Bagi pengunjung yang menginap di hotel dapat sarapan gratis-tis di Caravan Restaurant. Sarapan udah bisa dimulai sejak jam 7 pagi dan bagi gw yang perutnya selalu keroncongan, langsung deh maksa2 buruan buat sarapan :D. Lumayan juga menunya : ada bubur ayam, mie baso, omelette, rerotian, nasi-nasi, dan buah. Nah si restoran ini tepat berada di pemukiman Caravan (hooh, begini ya bentuk caravan itu, hooo…) dan  pas berada di sebelah kolam renang anak2. Pikir2, si Caravan ini udahlah harganya lebih murah, lokasinya lebih strategis pula. Ni pihak Taman Safari apa ga kebolak nih naroh penginapannya???

Setelah sarapan, kita berencana mau outbond atau paling ga ke Waterpark. Yeee…pada tau ga kalo di Taman Safari ada outbond dan waterpark (gw juga baru tau si :p)?? Tapi sayang beribu sayang, karena keasikan di restoran, kami baru sadar kalo jam udah menunjukkan pukul 9 dimana kita semua pada belon mandiiii!!! Walhasil kami segera balik ke bungalow untuk mandi dan beres2, dan eeeh tiba2 saja udah jam 11 :(. Wah padahal target tiba di Depok adalah jangan sampai sore biar Minggunya ga kecapaian. Maka ya sudahlah, kami pun menuju reservasi untuk pembayaran (langkah agak loyo nih, ahh lebaaayy :D).

Sebelum pulang kami sempatkan untuk mampir ke toko souvenir yang letaknya pas di sebelah reservasi. Wew lumayan lucu2 nih barangnya palagi yang magnet kulkas (25 rebuan), naksir oooy. Kaosnya juga bagus2, tapi rada mahal ya, kisaran 75 rebu. Abis itu pulang deh. Dikarenakan begitu terkontrol dan terencananya gw dalam memperhatikan jadwal one-way (narsis banget, buset dahh), kami pun terhindar dari kemacetan dan tiba dengan selamat sampai di rumah.

Ini brosurnya : 

Berikut info penting bagi yang ingin berkunjung ke sana :

  1. Di Taman Safari kita bisa memberi makan para hewan dengan wortel. Nah menuju Taman Safari ada puluhan penjual yang nawarin wortel, tapi terus terang aj wortelnya lebih mahal harganya. Kalo mau murah ya bawa dari rumah, kalo mau niat sedekah ya monggo.
  2. Jangan hemat2 wortel anda dengan harapan akan menemui kembali hewan pemakan wortel, karena nasib anda akan sama seperti saya L. Begitu ketemu unta dan zebra, lekas habiskan wortelnyaaa!!!
  3. Selalu perhatikan jadwal one way untuk menghemat waktu, bensin, juga emosi. One-way diadakan tiap akhir pekan dengan jadwal sebagai berikut : Jam 10.00 – 12.00 khusus untuk kendaraan menuju ke atas. Jam 12.00 – 15.00 jalur one way ditiadakan. Jam 15.00 – 17.00 khusus untuk kendaraan menuju ke bawah.
  4. Bagi yang menginap, jangan malas untuk membawa bedcover tambahan, karpet, kaos kaki, mie instant, dll kalo memang mau repot. Percayalah, anda akan membutuhkannya. O iya, handuk juga bawa saja, karena disana handuk susah kering.
  5. Agak2 spooky loh kalo malam, apalagi kalo nginapnya week-day. Takut ngeliat makhluk halus?? Hiii, gw aj takuut. Ati2 ya.
  6. Kayaknya Taman Safari ini ga cocok deh buat batita. Nyatanya Alif cuma tertarik ma yang berbau air saja (ya kolam, ya air mancur, ya jeram), sedangkan kalo liat binatang masih cuek2 aj L. Buat balita baru oke tuh.
  7. Kalau ga butuh dapur, mending nginap di Caravan. Dengan harga 400 rebuan (week-day) bisa untuk menginap 4 orang lo. Tempatnya lebih unik, udah gitu pilih yang dekat Caravan restaurant aj biar lebih afdol 😀
  8. Kalau ingin mencoba semuanya, mulai dari Safari Siang, Safari malam, Baby Zoo, Amusement and Rides, Waterpark, Wild Wild West, Animal Education Show, Safari Theater, Outbond : gw saranin menginap selama 2 malam. Cape yaa..tapi surga buat si kecil.
  9. Ini telvon Taman Safari : (0251) 8250000.

Selamat berlibuuur!!!

Comments
  1. Nisa Hidayati says:

    Terima kasih banyak atas tips2nya. Sangat berguna karena keluarga kami berencana ke taman safari dan menginap di sana. 🙂

    Like

  2. ditha says:

    thx to infonya… sangat berguna sekali,,,

    Like

  3. ainoy says:

    Mbak, tau jadwal one-way darimana si? wiken ini pengen ke puncak juga 😀

    Like

    • FEBRIE says:

      Helu Ainooy, iiih kok manggil Mbak sih emang Ainoy angkatan berapa? (cembetut). Aq taunya jadwal one-way itu juga dari baca blog orang, kalo ga salah jalanjalanhemat.wordpress.com. Search aj Taman Safari or Puncak, dia juga menyediakan no telv Polres apaaa gitu buat mengetahui jadwal one-waynya 🙂

      Like

  4. eli says:

    lengkep bet ceritanya jadi pingin juga nich. thanks y….. ;-))

    Like

  5. FEBRIE says:

    @Ainoy : whoaaa jadi juga nih perginya? hahaha ya biasa deh Indonesia, suka ga konsisten. Btw aq baca blog Ainoy katanya mau ke HK bulan Maret ini yaa..!! Aq Oct 2010 kemarin kesna, sila liat ceritanya sapa tau bs membantu 🙂

    Like

  6. victor says:

    mantap banget infonya mbak. sangat mencerahkan, tengkyu so much. kapan2 kalo mau nginep di taman safari udah faham.

    Like

  7. rizky says:

    aku suka pemandangan disana ada hewan zebra

    Like

  8. Risma says:

    Thx 4 the info ya sayy, berguna banget..ayooo jalan2 lagi, biar reviewnya banyaakk

    Like

  9. mnntuuub infonya,,,mksh mba yg cakeeep

    Like

  10. Edwin says:

    Wah infonya lengkap dan berguna sekali.. Makasi banyak mba 🙂

    Like

  11. ibunyakiska says:

    IMHO setau saya ada ditulis peringatan di setiap area untuk tidak memberi makan satwa deh Mbak? kecuali wortel utk gajah di area pertunjukan (bukan di area safari). Khawatirnya satwa menjadi sakit (setiap satwa memiliki diet & porsi makan tersendiri yg bila salah/kurang/berlebih dapat menyebabkan sakitnya satwa hingga resiko kematian). Mungkin sebaiknya wortelnya buat sup atau sayur di rumah saja? =)

    Like

  12. Ninik says:

    THanks info nya…. berguna banget ^^

    Like

  13. Lia says:

    Thanksss mbak

    Like

  14. Jefri says:

    lengkap banget infonya.
    thanks for sharing 🙂

    Like

  15. demi says:

    iya..ah…wkt aq ketaman safari ngajak sikecil rasanya rugi bgt,cuma sebentar sbis uda berangkatnya siang,eh cuma sempet liat2 binatang,g tau klo ada penginapannya jg,pengen kesana lg ah mo nginep biar sikecil seneng..neng…

    Like

  16. borayoung says:

    aku ga pernah nginep di safari hotel nya tante
    tapi pernahnya nginep di safari hotel and resto, yang ada dipinggir jalan puncak sebelum masuk ke taman safari
    disitu juga bagus tante, kolam renangnya besar, ada mini golf, karoke, taman burung, dll
    pas aku lagi nginep ada parade dari taman safarinya gitu

    Like

Leave a comment