Posts Tagged ‘Oriflame halal; oriflame haram; MLM halal; MLM haram’

Sejak kantor memblock wordpress, blog saya jadi tidak update lagi wkwkwkk. Bisa sih posting di rumah tapi kan di rumah udah waktunya family time dan oriflamean. Jadi ketika dulu banyak teman yang bertanya, “Feb lo kayaknya sibuk banget tapi masiiih aja sempat nulis. Kapan waktunyaaa??” Ah waktu mah selalu ada kok. Saya kan jam istirahat juga doyan di cubicle aja, sempatlah dipakai untuk menulis. Soal setiap menulis saya ga pake mikir, semua mengalir aja seiring jari mengetik makanya bisa cepat. Karena kini wordpress sudah diblock di kantor, maka sekarang saya harus keluar makan, makanya juga badan saya sekarang makin buntaaal 😀 😀 (*nyambung2in).

Sebenarnya juga saya sudah mencicil postingan pengalaman liburan2 yang udah numpuk itu tapi lupa terus uploadnya. Begitu sekarang bisa upload, ndilalah malah flashdisc berisi cicilan postingan tertinggal di kantor. Sayangnya mood menulis benar2 harus disalurkan, jadi tetap harus menulis apapun itu topiknya. Terpikirlah topik ini. Oriflame, apakah dia Halal atau Haram :).

Oriflame itu MLM. Digoogling kemana2 juga pasti dikatakan bahwa semua MLM itu haram. Tapi kan saya kepo, kenapa gitu kok bisa dikatakan haram?

1. Katanya produknya yang nilainya tak seberapa itu suka dijual kemahalan. Nah keuntungannya itulah yang digunakan untuk menggaji para konsultannya —> membaca ini saya kan langsung teringat ke merk B**Y S**P, yang dulu sering saya pakai. Yang juga sama2 impor, sama mahalnya, sama2 diklaim alami, dan setelah saya coba keduanya menurut saya sama aja. Saya ini kalau ngomong jujur ya, ga suka white lies :p. Tidak semua produk merk B**Y S**P cocok ke kulit saya, ada yang bikin jerawatan, parahnya eyelinernya luntur banget. Demikian juga dengan Oriflame. Tidak semua kok produk Oriflame cocok di kulit saya. Jadi ya saya ambil yang cocok2 saja. Fair yah. Nah kalau keuntungan penjualan merk B**Y S**P dipakai untuk menggaji pemiliknya dan semua karyawannya maka keuntungan penjualan produk Oriflame juga digunakan untuk menggaji pemiliknya dan semua konsultannya. Sama aja kan? Kenapa kamu2 ga digaji oleh B**Y S**P? Ya wajarlaah kan kamu ga kerja disanaaa wkwkwk. Jadi gpp yah kalo konsultan Oriflame digaji soalnya kami kan kerja disanaa.

2. Dikatakan haram karena kita akan menimbun barang yang tidak diperlukan, mengakibatkan kemubaziran. Kenapa bisa menimbun barang? Karena harus tupo (tupo = setiap bulan order 100bp or setara 650rb) :p. —> membaca ini saya juga jadi bingung kan. Karena ga pernah tuh di Oriflame yang saya tekuni MEWAJIBKAN tuponya dari belanja pribadi. Yeee, kita maah jualan yaa. Ke setiap member baru, kita pasti minta ia berjualan dahulu. Karena yang join Oriflame itu, asal tau saja, kebanyakan kalangan ekonomi menengah ke bawah. Manalah mungkin kita minta ia setiap bulan keluar uang 650rb sementara ia saja join bisnis ini karena butuh uang. Simpel saja mikirnya. Itupun, kalau ternyata mereka ga bisa tupo dengan berjualan lalu memutuskan untuk tidak lanjut, maka kami terima juga. Ini kan pilihan hidup, bukan paksaan hidup. Nah bagi yang sudah makmur dan terlalu gengsi untuk berjualan atau tidak ingin menghabiskan waktu untuk berjualan seperti saya, ya gpp tuponya dengan belanja pribadi. Toh diri ini juga butuh makeup. Juga butuh parfum. Juga butuh sabun dll. Menimbun barang? Ayoo coba cek deh lemari kita. Kalau ada banyak baju dan tas disana sampai bingung mau pake yang mana, kapan pakenya, bukankah itu juga menimbun? Yakin diperlukan semua? Bukannya nanti beberapa kali pakai terus dikasih2 ke orang lalu beli baru lagi? 😀

3. Katanya haram karena gajinya didapat dari merekrut. Jadi ketika orang bergabung, maka uang pendaftaran itulah yang digunakan untuk menggaji para uplinenya —> Jadi ingat MLM H*******E yang dulu waktu saya bergabung memang daftarnya aja 500rb (dapat 1 shake dan 1 fiber). Memang benar daftarnya mahal karena dapat produk tetapi tetap saja pas bergabung harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Saya tidak tahu lagi MLM apa yang ketika bergabung harus mengeluarkan uang ratusan ribu sampai jutaan walaupun akan dapat produk. Mungkin ini kali yaa yang dimaksud dengan “haram” itu. Mungkiin, gatau juga sih. Tapi Oriflame, biaya daftarnya itu paling mahal cuma 49.900. Kadang malah 9900-24.900. Itu kan murah banget. Dengan membayar uang pendaftaran itu kami mendapatkan sebuah buku tebal berwarna yang berisi penjelasan bisnisnya, sebuah kalender berwarna dan tebal, 2 buah katalog dan formulir2. Jadi kan saya bingung soalnya murah banget. Inikah yang katanya digunakan untuk menggaji para uplinenya? Keknya…ga ngefek kalo segitu soal upline kan jumlahnya buanyaaakk :p. Bisnis kami memang bisnis merekrut tapi ketika mendaftar, tidak pernah ada produk2 yang HARUS dibeli. Bahkan untuk katalog saja kami dikasih gratis.

Lalu kenapa kami harus merekrut? Karena ini adalah bisnis penjualan grup. Ketika saya ingin mendapatkan gaji 4jt, maka peraturannya adalah saya harus bisa menjual produk Oriflame total senilai 65jt di bulan yang sama. Boleeh banget jualan sendirian, boleh juga dengan tim :). Kalo jualan sendirian, insha Allah yah gajinya bukan 4 jt wkkwk tapi 12 jutaan. Tapi gempor kali yak jualan sampai 65 juta, soal produknya aja paling mahal 500rb bok. Iya kalau 1 produk harganya 10jt, tinggal jual 7 buah dapat deh 65jt. Lah ini harganya 20rb-500rb. Eke mana tahan cyiin wkwkwk. Jadi saya lebih memilih mengerjakannya bareng2 bersama tim. Maka saya harus merekrut doong. Merekrut teman2 untuk jadi tim saya agar bersama2lah kita menjual produk Oriflame sehingga tercapailah angka 65jt tadi. Karena mengerjakannya bareng2 tentu gajinya juga harus dibagi2 sesuai berapa banyak orang yang mengerjakannya. Setahun yang lalu ketika saya berhasil menjual omzet 65jt, gaji saya hanya 3jt. Downline2 saya ada 2 orang yang gajinya 1.5jt, ada beberapa yang ratusan ribu dan banyak yang 30 ribuan. Kok ada yang besar dan yang kecil? Ya wajar, yang gajinya kecil itu karena dia gabungnya belakangan. Kami2 sudah bekerja menjual banyak dari berbulan2 yang lalu dan misal sudah terkumpul sampai 58 jutaan, dia baru bergabung. Kan berarti dia mulai kerjanya belakangan, ga seperti kita2 yang sudah dari awal bekerja :).

4. Oh kalau begitu beneran haram doong. Artinya yang gabung belakangan yang paling rugi kan soalnya gajinya paling kecil. Sementara yang gabung duluan yang gajinya paling besar. Artinya anda bisa saja tuh tinggal meminta downline anda merekrut, anda cukup koar2 di FB lalu downline anda pada nurut dan merekrut. Lalu anda dapat gaji deh —> Oh anda salah :D. Oriflame sudah menyiapkan suatu peraturan khusus sehingga tidak akan ada konsultannya yang bisa ongkang2 kaki dan dapat gaji lebih besar. Aturannya ada jelas di tabel gaji juga di 4000bp ke samping. Pernah dengar kata KESUNDUL? Kesundul adalah kondisi ketika si upline gajinya paling banter adalah setengah gaji downlinenya. Kok bisa kesundul? Ya salah satunya karena dia ga bekerja wkwkwkw. Di Oriflame ada banyak banget yang kesundul. Karena kesundul mereka lantas resign soalnya maluuu gajinya kalah dari downlinenya. Padahal sih, menurut saya ga usah malu. Kan tinggal diperbaiki kerajinannya, pasti bisa naik lagi gajinya yayayaya. Gaji saya sudah 9 jutaan namun saya masih tetap merekrut dan mengajar. Karena kalau saya berhenti, lama-lama saya pasti akan kesundul oleh downline saya. Kalau sudah kesundul, mau bangkit itu butuh effort dan mental yang lumayan baja jadi jangan sampai deh :D.

Saya pernah ikut MLM lain selain Oriflame, karena saya ikut makanya saya bisa membandingkan keduanya. Makanya saya jadi tahu persamaan dan perbedaannya. Makanya juga saya jadi tahu seperti apa yang disebut MLM haram di google2 itu :D. Kalau mau digoogle juga mas dan mbak, ada banyak looh MLM yang dulu kayaknya heboh banget namun sekarang tidak beroperasi lagi. Kenapa?, ya karena sistemnya menurut saya masuk kategori tidak halal sehingga tidak akan bertahan lama. Sedangkan Oriflame, tahun depan itu umurnya sudah 30 tahun. Dulu kantornya cuma 1 di Bulungan Jakarta sekarang kantornya sudah ada 14, tersebar di Indonesia. Kantornya makin lama makin besar. Kalau bobrok, ga mungkinlah akan berkembang dan melewati puluhan tahun lamanya ya.

Sayapun selalu berdoa kepada Allah. Agar kalau memang MLM ini haram mohon ditunjukkan tanda sejelas2nya, dalam mimpi juga tak mengapa. Bila itu terjadi, saya akan keluar dari bisnis ini.

Sudaaah itu dulu pembahasannya. Btw ini kenapa ya kalau nulis di wordpress layar utk menulisnya kecil begini. Apa settingan wordpress saya yang salah, atau memang bawaan dari wpnya ya? (*serius nanya).

Febrie Ekaninggarani

Director

Join Oriflame with me? WA or SMS di 0812-911-82-771, FB di febrieeka@yahoo.com

Advertisements