Posts Tagged ‘ganggan’

Apa saja yang patut dicoba dan dicemal-cemil disini?

Mie Belitung

Salah satu wisata kulinernya adalah Mie Belitung. Entah kenapa tiap buka blog orang tentang Belitung, mestiiiiii makan mie-nya di Mie Atep, Jl Sriwijaya. “Kenapa Pak Buyung? Apa karena bisnis antara tempat makan dan pihak travel, atau memang saking enaknya, atau?” (bertanya kepada guide). Ternyata Mie Atep emang pedagang mie Belitung tertua disini. Mie Belitung sendiri sebenarnya mie biasa, ada kuahnya dengan rasa manis. Di dalamnya ada potongan kentang, tahu, timun, udang dan emping. Menurut gw rasanya…ehm, biasa aj. Tidak terlalu istimewa. Ditambahkan sambalpun..tetap tidak jadi istimewa. Tapi nyoba kan gpp yah. Mie ini per-porsinya dihargai 10 ribu rupiah saja.

Es Jeruk Kunci

Rasanya agak beda, dan segar. Lumayan suka sih gw. Warna airnya bening, beneran ga ya air jeruk? Hehehe. Tapi ada taburan biji jeruknya tuh yang seolah mempertegas bahwa ini benar dari buah jeruk! Satu gelas harganya 5000 rupiah dan dapat dijumpai langsung di Mie Atep tersebut.

Warung Kopi Ake

Beuu..suami gw suka banget kesini, ampe didatangin 2x!. Warung Kopi Ake memang warung kopi tertua di Belitung. Sering didatangin oleh pejabat2 yang mampir ke Belitung. Kalau dari kedainya sih amat biasa, namun menurut suami gw, rasa kopinya ngalahin starbuck. Secara gw ga minum kopi, ya gw hooh2 aj :D. Suami nyobain kopi hitam dan kopi susunya, semua enak. Gw nyobain es teh tariknya, memang enak sih. Ga terlalu manis dan..pas aj rasanya. Semua minuman dihargai 5000 rupiah.

Gangan Ikan

Nah!! Ini dia makanan yang paling enak banget sedunia muwana. Gangan adalah jenis masakan ikan seperti kuah kuning, namun ada campuran nenas di dalamnya. Rasanya segar dan selalu bikin kita pengen nambah, lagi dan lagi. Katanya, ikan yang paling enak di-gangan adalah ikan katoap, setelah itu baru deh ikan bulat. Waktu itu gw makan di RM. Mabai, Tanjung Tinggi. Menu yang dipesan adalah gangan ikan, ikan bakar, dan sayur tumis kangkung. Untuk bertiga cukup pesan ikan yang masing2 beratnya 0.5 kg saja. 1 kg ikannya plus masak bisa mencapai 120 ribu rupiah. Perorang kira2 kena 50rbuan lah. Semua terasa enak, gatau deh apa karena lapar apa engga, tapi mulut ga mau berhenti mengunyah. Ikan gangannya enak. Ikan bakar, dicampur kuah gangan dan sambal Belitung juga enaaak. Tadinya gw pikir RM Mabai udah top markotop banget dah, ternyata katanya yang lebih enak lagi adalah RM Pendaunan yang letaknya tidak jauh dari RM Mabai. Sayangnya Pendaunan buka hanya waktu week-end. Ah gpplah, Mabai juga sudah sedaaaap!! (happy kalo makan makanan enak). Nih fotonya.

Eh sori..ini mah foto makanan waktu udah ludes :p. Ini nih foto gangan-nya!

Empek-empek Belitung

Belitung ternyata punya empek2 juga ya.. :D. Untuk empek2, gw icipin di Empek-empek Mama Riyo, Jl Kampung Damai. Rame banget disana padahal bukan hari libur. Rasa ikannya lumayan tapi tetap ga bisa menandingi Empek2 Candy di Palembang yang jadi fave gw. Tapi kalau mau dibawa buat oleh2, empek2 Mama Riyo patut dicoba. Pemesanan bisa 1 malam sebelumnya. Macamnya hanya ada lenjer, kapal selam, dan kulit. Jadi ga ada adaan. Waktu itu gw bungkus yang empek2 kapal selam, per buahnya seharga 10 ribu. Besarnyaa?? Setelapak tangan yang dikembangkan, dijamin super kuenyang!

Waktu di Belitung gw nyobain itu doang. Bagi yang tau kuliner Belitung lainnya, silakan ditambahi :).

Advertisements