Posts Tagged ‘food combining’

Oma saya didiagnosa kanker. Ketahuan di usianya yang menginjak 70 tahun. Konon, bila leluhur kita ada yang mengidap kanker maka bisa jadi kita juga membawa bibitnya dan itu bisa muncul di masa depan bila pola makan kita jelek, gaya hidup kita buruk, atau kurang olahraga. Berhubung sudah 5 bulan belakangan ini sering merasakan nyeri yang kalau dibawa ke dokter belum terdeteksi apa sebabnya, saya jadi cemas kan :D. Apalagi siklus tidak teratur, dulu ASI hanya 4 bulan itupun ga maksimal, dan sampai sekarang belum dapat anak kedua. Hm, seakan saling terkait satu sama lain tapiii positive thinking aja ah. Sakit atau ga sakit, hidup lebih sehat sebaiknya dilakukan demi diri kita sendiri.

Jadi mulailah saya melirik pola makan sehat. Tapi kalau bisa sih yang tetap bikin kenyang fufufufu. Saya kan perutnya seperti karet, makan berapa piringpun serasa sanggup. Nah ga ketemu2 tuh caranya sampai pada suatu ketika, teman saya Yayat bertanya, “Febrie, buku food combiningku masih di kamu ga ya? Soal aku cari2 di tempatku kok ga adaaa.” Wah, FOOD COMBINING! Iya juga, dulu kan pernah baca itu waktu ngotot mau diet tapi ga dijalankan karena berasa harus jadi kambing (*lebay). Ini seperti bisikan yang muncul dari Allah, gimana kalau kamu coba FC, Feb? So I think I’ll give it a try.

Maka saya beli lagi bukunya, sekaligus untuk mengganti buku Yayat yang malas saya cari hahaha soal buku di rumah seabreg2 di gudang. Rencananya sambil untuk ganti buku Yayat, sembari saya baca lagi. Dan setelah dibaca, poin menarik yang saya temukan adalah bahwa FC ini tujuan utamanya adalah demi kesehatan dengan TETAP MENJAGA RASA KENYANG. Tampak cocok sekali untuk saya, bukan? :p

Apa sih FC itu? Yah, singkatnya adalah mengatur pola makan, bukan porsi makan. Kita harus menjaga agar ph tubuh kita dalam keadaan netral cenderung basa agar penyakit susah masuk. Begitu ph tubuh kita asam, penyakit akan bermunculan atau tumbuh mulai dari flu biasa sampai yang berat2 (kata bukunya). Masalahnya adalah hampir semua makanan yang kita santap selama ini ternyata memiliki ph asam. Jadi gimana dong supaya kondisi netral dalam tubuh tercipta? Adalah….dengan memilih menu makanan yang tidak memberatkan pekerjaan saluran pencernaan.

Caranya: saat makan, kita harus memilih mau makan karbohidrat (nasi atau kentang)+sayuran atau protein hewani (telur atau ikan atau daging atau ayam atau seafood, pokoknya protein)+sayuran. Kenapa? Karena protein dan karbohidrat adalah sumber asam, sementara sayur bersifat basa. Kita kan kalau makan biasanya ada nasi, ada lauk (protein hewani), dan alhamdulillah kalau ada sayur :p. Menu tersebut oleh tubuh akan dihitung menjadi asam+asam+sedikit basa. Kalau dijumlahkan jadinya cenderung asam –> jadilah sumber penyakit, yang mungkin ga terlihat sekarang tapi bisa muncul nanti. Sementara kalau kita makan sesuai menu FC yaitu protein+sayur banyak maka dihitung menjadi asam+basa = netral. Menu protein hewaninya cuma 1 macam loh yaaa, jadi jangan dicombine, misalnya makan ayam+daging+tahu+sayur. Ga boleeh, harus pilih, mau ayam atau daging :D. Enaknya, di FC ga perlu takut makan banyak. Silahkan kita nambah2 porsi asal komposisi di atas jangan dilanggar. Untuk protein nabati seperti tahu dan tempe, boleh dimasukkan sesukanya. Sebenarnya masih ada peraturan lainnya. Untuk lebih lengkapnya bisa beli saja buku ini ya. Saya bacanya ini, soal mudah dimengerti.

20151215_071607[1]

Eniwei, aturannya tampak tidak susah diingat. Jadi akhirnya saya niat mencoba barang 2 minggu dulu. Minggu pertama saya belum pake jeniper (soal lupaaa mulu), tapi sudah mulai sarapan buah. Waah, saya itu sebenarnya bukan penggemar buah lo kecuali pisang jadi untuk sarapan buah ini saya harus memandang buah layaknya pizza favorit saya. Tapi ternyata ga butuh waktu lama untuk menyukai buah karena rasanya yang manis :D. Heran juga kenapa dulu kok ga doyan buah. Lalu untuk maksi dan makmal daku tidak mengalami kendala. Pertama karena saya memang suka makan sayur (asal dimasak). Kedua, dari dulu mah saya asal makan ga masalah kalau jenis lauknya terbatas yang penting PORSINYA BANYAK ^^. Tambah lagi ini demi kesehatan, biar bisa lihat Alif sampai punya cucu (*terus saya bakal setua apa itu hahahaha). Jadilah FC di minggu2 awal lancar2 jaya saja.

PicsArt_1450932445668[1]

Menu FC saya. Porsinya banyak 😀

Badai cobaan mulai datang ketika..ada syukuran ultah dari teman. Ah di kumpeni saya mah suka begitu. Kalau ada yang syukuran, pizza/martabak/batagor akan digelontorkan. Kudu tahan iman nih menghadapi yang beginian (kadang saya ambil, kadang enggak). Lalu ada juga nasi kotakan dan snack gratisan saat training. Astagaa, saya kalau lihat makanan gratisan apalagi yang ada kotaknya, itu mindsetnya suka berasa PASTI ENAAK. Padahal nasi kotak itu kan biasanya menu sayurnya dikit pisaaan. Hiks, akhirnya nasi kotak dan snack dibawa pulang ke rumah lalu disumbangkan untuk pengemis/supir angkot pas pulang nanti. Lumayan, bisa nambah pahala.

Alhamdulillahnya, bila kita merasa masih sehat, FC boleh libur loh maksimal 2 hari. Kita sebut “CHEATING”. Kesempatan ini biasanya saya pakai di hari Sabtu dan Minggu. Nelongso saja daku kalau pas weekend ga ikut menikmati hidup toh?

Perubahan yang saya rasakan setelah menjalankan FC selama 3 minggu:

  • Ternyata sarapan buah itu bikin kenyang. Makan siang dan makan malam ala FC itu ternyata seporsi aja cukup looh. Tadinya saya pikir saya akan membutuhkan 2 potong ayam untuk protein dan lebih buanyakk sayur sebagai penyeimbang, ternyata enggak tuh. Malah kalau makannya diatur dengan pola seperti ini, saya jadi bisa makan hanya 2 piring sehari (siang dan malam). Dulu mah bisa 5 piring/hari.
  • Badan terasa makin ringan. Kemarin2 saat sholat, bangun dari sujud ke berdiri tuh rasanya gitu lah ya. Sekarang, bisa berdiri lebih cepat karena perasaan body makin enteng.
  • Stamina lebih fit, ga mudah lemas, dan bawaannya jadi ga betah lama2 di kasur. Dulu saya tidur jam 10 malam, bangun jam 4 pagi, tidur lagi 1 jam di mobil saat pagi hari menuju kantor, tidur lagi di mobil 1 jam saat sore menuju rumah; namun entah kenapa sampai rumah tetap berasa mau bariing aja di kasur. Apalagi pas wiken, asal baru pulang dari jalan2 mal/makan di luar, langsung geletak di kamar dan tidur soalnya berasa capeeeeek banget. Belum lagi pas di kantornya sendiri. Kalau habis makan siang suka ngantuk yang berujung saya tidur di toilet barang 15 menit lalu bangun dan bekerja di depan PC sambil nguap2. Sekarang setelah FC, asal pulang dari kantor mata masih cerah, hampir tiap malam bisa olahraga selama sejam. Kalau kebanyakan baring di luar jam tidur, kepala saya malah jadi pusing. Pas di kantor juga saya tidak mengantuk lagi.
  • Kemarin muka berminyak, jerawat sekali numbuh bisa 2 padahal jerawat yang lama masih belum benar2 hilang. Sekarang, entah ada hubungannya atau engga, minyak di wajah berkurang. Jerawat ga numbuh lagi, jadi bisa lebih fokus untuk menghilangkan bekasnya saja :p.
  • BB juga ternyata turun walau ga sedrastis waktu dulu minum Herbalife. Saya pernah dengar bahwa penurunan bb yang sehat adalah 3kg/bulan. Dalam hati waktu itu mikir, kalau bisa cepat kenapa harus lambat? Sekarang saya tahu jawabannya. Kalau pola makan sehat, badan akan memperbaiki diri secara perlahan namun pasti. Jadi turunnya juga perlahan tapi pasti.
  • Nyerinya juga hilang :O. Apakah ada hubungannya? Ga tahu juga yaa, tapi jadi berasa lebih tenang kalau ga muncul nyeri2.

Oh iya, ini grafik BMI saya. Saya FC mulai dari tanggal 26 November (yang ditandai dengan tanda panah merah). Cheatingnya Sabtu-Minggu, sisanya belum pernah bolong. Beda kan ya grafik turun BB nya si FC dengan diet2 sebelumnya? Yang sebelumnya adalah diet biasa kreasi sendiri yaitu dengan berpuasa+kadang ga sarapan+bawa bekal dari rumah biar hemat dan lebih sehat. Ga tahunya pas wiken, lepaslaah semuanya. Demikian juga pas ada syukuran dari teman2 kantor, ambrollah dietnya. Makanya grafiknya naik turun ga teratur. Nah begitu FC, kurvanya jadi lebih rapih. Menunjukkan pola channeling down (*tsah), walau cimit2. Jujur saya surprise sendiri loh melihat grafiknya.Ternyata bisa beda gini ya pola grafiknya tergantung dari jenis cara dietnya. Ga nyesel nimbang tiap hari :p (*ya iyalaah, timbangan ada di sebelah meja kerja wkwkwk).

Btw, FC yang saya jalani masih belum ideal tapi perubahannya udah lumayan terasa. Sekarang tinggal niat nih, sanggup untuk istiqomah ga. Minimal 2 bulan dulu gitu ya. Demi kesehatan :). Untuk bumil, busui, yang berpuasa, yang sedang sakit ringan maupun sakit parah, bisa juga ikut FC ini. Ada cara2nya sendiri. Gabung saja ke grup FB- nya yaa di Food Combining Indonesia. Itu grup untuk umum, jadi siapapun bisa baca2 walau belum jadi member.

Selamat mencoba.

-febrieeka-