Sedekah Kreatif :D

Posted: December 10, 2015 in Muhasabah Diri

Sekitar sebulan yang lalu sempat booming share postingan fb tentang sedekah kreatif. Sedekah kreatif adalah sedekah2 yang mungkin jarang terpikirkan oleh kita2 yang selama ini mengira sedekah adalah memberikan sejumlah uang kepada orang lain.

Berikut ini adalah beberapa contoh sedekah kreatif dari postingan fb yang saya baca dan sempat saya screen shot.

Recently Updated.jpg

Jadi, tidakkah anda merasa tertohok? Kalau saya sih iya banget. Hampir tidak ada yang pernah saya lakukan selama ini karena pikiran saya yang namanya sedekah adalah memberikan uang dan baju, tentunya di luar`sedekah senyum. Ternyata ada banyak sekali yaaa cara untuk bersedekah dan sesungguhnya saya bisa melakukan hampir semua hal di atas itu namun selama ini tidak saya kerjakan karena saya…SAYA TIDAK KREATIF :p. Bayangkan, ada berapa banyak pahala yang sudah saya biarkan terbuang.

Sering sekali loh saya merasa agak jengkel bila orderan yang saya pesan ternyata diambil duluan oleh orang lain. Saya merasa itu adalah hak saya karena memesan lebih dulu. Padahal, hei…itu kan bisa jadi ladang sedekah ya. Memberikan barang yang kita inginkan pada saudara kita itu pahalanya lebih besar daripada memberikan barang yang tidak kita butuhkan. Lagipula apa sih kemungkinan terburuk jika saya akhirnya batal mendapatkan barang itu? Toh saya bisa mencari penggantinya yang lain :p. Bukankah selama barang itu dipakai olehnya maka saya akan mendapatkan pahala darinya?

Sering sekali jugaa saya sudah membawa bekal makanan. Lalu datang nasi kotak gratisan entah itu ada yang lagi syukuran, atau lunch dari training dadakan, atau apapun. Lalu apa yang saya lakukan? Memakan semuanyaaaa karena tidak mau ada yang mubazir. Padahal, memasukkan makanan di luar  kebutuhan badan kita saja namanya sudah mubazir. Mengapa saya tidak memilih untuk memberikan salah satu makanan itu kepada seorang pengemis di sepanjang jalan pulang menuju rumah saya? Bukankah selama makanan itu mengalir dalam darahnya maka saya akan mendapatkan pahala darinya?

Dan juga betapa seringnya saya merasa geuleuh saat sholat di tempat umum dan meminjam mukena yang ada disana. Betapa kotornya mukena ini! Ada noda kekuningan di sekeliling bagian wajah, bahkan bintik hitam jamur. Tanpa sadar bahwa bisa jadi sayalah salah satu orang yang menyumbang kotoran disana. Kotoran dari bedak, foundation, makeup yang saya pakai, yang kemudian kena air wudhu dan akhirnya dikeringkan oleh mukena itu saat sholat. Lalu siapakah saya kok kerjanya hanya bisa mengeluh? Mengapa saya tidak membeli mukena lalu memberikannya ke mushola tersebut? Atau memberikan salah satu dari sekian banyak mukena yang saya punya? Atau berbaik hati mencucikan mukena yang ada? Bukankah dengan demikian, setiap yang memakai mukena yang saya sumbangkan maka saya akan mendapatkan pahala darinya?

Banyaaaknyaaa ladang pahala yang ternyata selama ini saya abaikan. Tapi tidak ada yang namanya terlambat. Dahulu tidak menyadari, nah sekarang sudah dibukakan nih kesadaran oleh Allah dan teman2 yang berbaik hati menshare postingan ini, jadi tidak ada alasan lagi kan ya untuk tidak melakukannya?

Semoga ilmu ini tidak hanya berakhir di sekedar “Nice to know” saja tapi benar2 bisa mengubah sikap dan perilaku saya ke depannya, aamiiiin.

*menulis postingan ini pun, bila nanti ada yang terketuk membacanya lalu berubah menjadi lebih baik maka saya akan mendapatkan pahala juga karenanya. Betapa luasnya ya ladang untuk bersedekah, dan efeknya adalah 700rb kali lipat lebih banyak dari apa yang kita sedekahkan ^^.

-febrieeka-

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s