Akhirnya (Oriflame) Kutinggalkan

Posted: November 5, 2015 in Cerita Bisnisku

Akhirnya aku tinggalkan Oriflame setelah 2.5 tahun kutekuni. Pemicunya ada banyak hal.

Mungkin karena satu hal yang tidak bisa dipublish di blog ini :D. Atau…mungkin aku lelah? Level mandeg selama 1.5 tahun, walaupun mandegnya masih di Director (qual Gold Director ke-3) yang gajinya alhamdulillah 5 jutaan ke atas. Mungkin juga aku pengen hura2? Udah lama malam hariku diisi dengan chat bersama downline2. Aku juga rindu jalan2 lepas bersama Alif dan suami, tanpa perlu sekalipun melihat HP. Atau mungkin memang aku pengen kabur aja? Kabur dari jaringanku yang sekarang, mau pindah ke jaringan lain yang terlihat lebih solid sistemnya. Berencana untuk gabung lagi setahun ke depan dan setahun off ini akan digunakan untuk full belajar dan mengamati. Atau….mungkin sifatku yang cepat bosan? Dulu juga Herbalife 2 tahun. Ini Oriflame 2.5 tahun. Entahlah…suami dan ortu sudah tanya baik2 apa aku yakin dengan keputusan ini? Dan herannya aku menjawab mantap, YAKIN!

Ada yang bilang aku keluar karena downline2ku pada keluar. Wah kalau ini tidak benar. Sudah terlalu banyak downlineku yang pergi selama 2.5 tahun ini dan digantikan oleh orang2 baru, sehingga hal-hal seperti itu sudah tidak berefek lagi pada diriku. Tapi yang patut dicatat, aku tinggalkan bukan karena aku benci dengan Oriflamenya. Bukan juga karena aku benci upline dan downlineku.

Dibandingkan MLM ku sebelumnya yaitu Herbalife, walaupun keduanya sama2 resign, tapi aku menyatakan dengan jelas bahwa Oriflame membawaku menjadi jauh jauh lebih baik. Aku diajarkan untuk sabar, ngemong, tidak mudah panik, inisiatif, bersocial media dengan benar, rajin membaca sebelum asal jawab, punya banyak teman online, mengerti iklan FB, sadar bahwa dunia penuh dengan orang2 yang berbeda sifat dan kelas ekonomi, selalu bersyukur, motivasi, impian, dan masih banyak lagi yang tidak mungkin kusebutkan satu2. Kalau ditanya jeleknya… :D. Enggak ada. Cuma mau bilang kalau kerjaannya ternyata CAPEK.

Iya, CAPEK. Jangan disangka ngerjain Oriflame itu ga capek. Mungkin karena saya juga karyawan yang bekerja 7-16. Tapi udah kudu berangkat dari rumah jam 5 pagi dan sampai rumah jam 6 sore. Rasanya semakin gede gajinya, semakin besar jaringannya, semakin cape kerjanya, semakin besar investasi waktunya. Semakin tinggi levelnya maka semakin dituntut leadershipnya untuk lebih berkembang. Semakin dituntut untuk bisa berinovasi dan berinisiatif mengembangkan sumber daya di bawahnya. Baru kusadari, berhubungan dengan benda mati tidak pernah secapek berhubungan dengan banyak benda hidup yang tiap-tiapnya punya berbagai keinginan dan perasaan. Tapi fun kok ^^, aku menyukainya. Karena rewardnya pun sepadan, dan tidak ada jilat-menjilat (sistemnya tidak memungkinkan kita untuk korupsi dan KKN soalnya).

Gaji terakhirku kemarin 7.5 juta :D. Bagiku, itu banyak. Begitu Oriflamenya kutinggal sebulan, langsung turun jadi 4.2 jt. Dan semakin lama ditinggalkan maka kemungkinan besar akan terus turun.

gaji oriflame

Jadi…aku berencana mau istirahat setahun dulu. Mau melihat, apakah aku akan termehek2 tanpa Oriflame atau life still goes on? Apakah aku akan kembali lagi karena ga bisa move on atau malah mencoba hal baru lagi? Downline2 yang kubina, ada yang rela mengikutiku, istirahat setahun juga. Namun setahun itu lama. Apa saja bisa terjadi. Mereka yang berjanji untuk terus bersamakupun bisa juga pergi. Mari kita lihat seperti apa takdir akan mengarahkanku.

So…sampai jumpa Oriflame. I have ever loved you. Semoga upline dan downline yang kutinggalkan terus sukses disini, aamiiin.

Comments
  1. Laila says:

    assalamualaikum
    Sayang mbak…lanjutkan kasian downline2 nya pasti sedih atau merasa di tinggalkan, setidaknya akan sedikit menciut semangatnya..
    Saya oriflamers juga, gak sengaja buka blog mbak pas lagi cari review pantai tanjung lesung..salam kenal dari saya ya mbak, laila msh konsultan 6% director saya evi shofianti diamond radita marfianti..

    Like

Leave a Reply

