Cake Kukus Singkong – #Gagal

Posted: June 13, 2013 in We Can Cook ^^
Tags: , ,

Lesson learnt kali ini adalah baca buku resep tuh yang beneeerrr.

Ceritanya tiba2 pengen buat kue. Bolak balik resep, nyantollah di halaman ini.

Ngeliat bentuk kuenya, otak nih otomatis langsung ngeset kue putu ayu. Yagasi, yagasiii? Baca resep pun sepintas, keknya semua bahan ada deh. Langsung brak bruk, tiba2 eke udah dalam action mecahin telor.

Pas dibaca lagi (sambil baca sambil mecahin telor nih), eh kok ya kuning telor lebih banyak daripada putih yaa? *ngerasa agak aneh, tapi tetep cuek.

Kemudian mulai deh siapin tepung dan gula. Dan seperti tidak bosan2nya terjerumus dalam lubang yang sama, lagi2 gw nyampurin tepung sama gulaaa, stupiid, harusnya kan gula ma telor. Untungnya kali ini pake gula kasar, jadi bisalah diambil lagi, dipindahin ke telor. Masalah telor jadi kecampur2 ma tepung, ah yasudlah, dikit ini, ngefek apa?

Terus baca lagi kok ya ada singkong parut. Kenapa pula ada bahan aneh seperti ini? (*padahal judul kuenya aj jelas2 cake kukus singkong *_*). Karena memang buatnya tiba2, sok PD kalo ga pake singkong yang mana ternyata pake, ya udahlah si singkong parut diganti aj sama tepung terigu sambil basmalah.

Mulai deh nyalain mixer, ngocok telur di ruang TV. Ga pake mikir pula kalo si ayah ternyata lagi nonton balap F1. Mana baru mulai si Rossi langsung jatuh pula, BT aj mukanya. Tambah lagi suara komentatornya kalah gede dibanting ma suara mixer gw, wakakakak. Suami sih diam aj tapi pandangan matanya menusuk boo!!

Daripada kenapa2, akhirnya gw milih pindah aj. Berhubung di kamar gw ada si Alif lagi tidur (*ntar ditusuk pula pake matanya si Alif ahaahah), kamar tamu ada nyokap lagi kongkow2 ma BB kesayangannya, dapur colokannya udah penuh, garasi nti malah nyampur ma debu motor, akhirnya gw pilih kamar si mbak.

Jadi gw putus acara ngemixer di tengah2, pindah colokan gitu. Lumayan tenang deh ngemixer di kamar si mbak, udah kembaaaang banget telornya. Udah ilanglah gelembung2 gas di telor itu. Sampai kemudian si telor dicampur dengan tepung.

Omaigad!! Kenapa adonan gw langsung psssss…kopongan dan kempes gini??? Belon juga semua tepung dituang, ngaduknya udah susah karena langsung berat kayak kekurangan cairan. Ga nyampuuur, sebagian ada yang kecampur, sebagian masih bentuk tepung huwaaa. Walhasil air daun suji yang harusnya di resep 25ml, gw tambahin jadi 125 ml biar agak cairan gitu adonannya (*dari tadi bikin resep sesuka hati T-T).

Lumayan deh jadi agak cair. Mulai dituang ke cetakan itu. Harusnya dapat 33 cetakan (*kata si resep), ini dapatnya cuma 22. Mungkin kalau ga ditambah tadi si air suji, bisa jadi cuma 15 cetakan wkwkkw. Waah mesti gagal nih, gagaaal.

Tapi walo tau gagal, tetep juga diterusin. Penasaran kan nanti jadinya kayak apa. Setelah dikukus selama 25 menit, ketahuanlah bahwa adonan memang tidak mengembang. Buktinya? Dilempar aj kuenya membal kok saking alotnya ahahaha.

Dari penampilan foto sih, oke banget.

Dari penampilan foto sih, oke banget.

Jadi faktor utama apa yang bikin kue saya kayak gini? Mbuh..ada yang tau?

Mau bawa ke kantor saya malu, huhuhu, padahal besok hari Senin. Daku sudah sering sesumbar kalo tiap Senin akan bawa kue hasil percobaan memasak tapi kalau jadinya kayak gini, bisa2 saya dihina dina sama teman cubicle depan yang emang niat banget kalo udah sesi ejek-mengejek.

No waylah (*jaga muka). Terus siapa yang makan? Akupun merasa berat, wkwkwk. Orang rumah juga gada yang mau, huaaaa sedihnyaaa. Akhirnya si mbak yang berkorban. Makasih ya mbak, engkau hindarkan semua dari kemubaziran.

Besok2 gw akan baca resep dengan seksama deh :p.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s