Ke Malang tanpa mengunjungi Batu itu seperti ke Bogor tanpa mengunjungi Puncak. Ke Manado tapi ga liat Bunaken. Ga kumplit gitu deh.

Dulu tahun 2011 gw udah pernah si ke Batu, waktu gathering kantor tapi ntah kemana pulaaalah kamera saat itu, jadi malas juga kan cerita kalo ga ada foto2nya.

Tapi antara gathering kantor dan liburan dengan dana sendiri sudah pasti berbeda rasanya hohohoh. Nek gathering kantor yo stuck di situ2 aj, susah explore sana sini secara ikut schedulenya orang banyak. Kalo dana sendiri, wiiii suka2 gw mau kemini, nginap disiko, makan dikono.

Jadi to the point ya, apa saja tempat wisata terkenal di Batu?

  1. Jatim Park 1 (Jatim1): yang isinya adalah taman belajar ilmu pengetahuan (science)+rekreasi.
  2. Jatim Park 2 (Jatim2): terdiri atas Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Museum Satwa adalah tempat dipajangnya hewan2 yang sudah diawetkan. Jadi ini asli yak, bukan patung. Sementara Batu Secret Zoo adalah kebun binatang kualitas ultra keren.
  3. Eco Green Park: adalah taman yang juga luas namun diutamakan untuk koleksi burung dan serangga. Selain  itu juga ada permainan2 lucu lainnya.
  4. BNS (Batu Night Spectacular): kayak Pasar Malam, dilengkapi dengan tempat makan plus kurleb 20-an wahana seperti di Dufan. Tapi lebih ke yang bikin pusing bin eneg. Misalnya rumah hantu, pontang panting, ontang anting, perahu kora2, dll. Mau cari yang syahdu kayak istana boneka disana? Kagak bakal nemu yang gituan mah.
  5. Air terjun Coban Rondo.
  6. Selekta: taman bunga super besar. Seperti TBN (Taman Bunga Nusantara) di Cipanas.
  7. Memetik buah di Agrokusuma.
  8. Apa lagi ya, ehehehe.

Batu itu kotanya tidak terlalu luas. Jadi jarak dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya termasuk dekat. Paling bangsa 10 menit-1 jaman. Objek wisata 1-4 itu letaknya berdekatan, seperti Ancol gitu deh. Jadi ibaratnya 1 adalah Dunia Fantasi, 2 adalah Sea World, 3 adalah Gelanggang Samudra, 4 adalah Atlantis.

Ada tempat wisata yang bisa digabung pengunjungannya dalam sehari, ada juga yang tidak.

Kayak Jatim1, wah itu kudu seharian penuh kalo mau ditawafin bener2. Kalau cuma numpang liwat yaaa sayang banget. Demikian juga dengan Jatim2 dan Eco Green Park. Waaah ga bisa digabung2 deh. Soal ada tiket terusan dari Jatim2 ke Eco Green Park. Kemarin gw ambil ini karena masih buta akan keluasan tempatnya. Ternyataaaa…buang2 duit aj di Eco. Untuk Eco yang areanya seluas itu dan begitu banyak tempat menarik yang bisa dilihat, wah minimal butuh 5 jam lah. Jadi ga mungkin banget digabung dengan Jatim2 karena Jatim2 sendiri terdiri atas Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Sayang2 deh kaki, aseli pulangnya gempor tuu :D.

So saran saya sih, jangan pernah ambil tiket terusan Jatim Park 2+Eco Green Park yak. Mubajir.

Nah kalo no 4-7 bisa tuh digabung. Misal kombinasi 4 dan 5 or 5 dan 6. Tapi 4, 5, 6 yaaa kayaknya ga mungkin juga. Kecuali kalo wisatanya model “yang penting foto” -___-. Menurut gw sih, kalo datang ke suatu tempat wisata ya benar2 dinikmati dengan seksama, dihayati, dicobain semua sebisa mungkin. Jadi puas gitu loo.

Akan tetapi kalo liburan kesini, seperasaan saya juga kurang bijaksana menggabungkan Jatim1, Jatim2, dan Eco di kunjungan yang sama walo harinya berbeda. Karena ketiga tempat itu walo menghibur tapi padat sekali informasinya. Bisa2 nti ga terasa liburannya, malah berasa sekolah ahahahaha.

Yooks, datang ke Batu. Surga buat anak keciiilll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s