Kids Do Love Kidzania

Posted: April 8, 2013 in Rekreasi Anak
Tags: ,

Kidzania (bagi yang belum tahu) adalah dunia bermain anak yang luasnya bisa sampai 3000m2 kali ya (sotoy). Lokasinya di lantai 5, Pacific Place, SCBD Jakarta dan diklaim sebagai Kidz terluas se-Asia Tenggara. Permainannya adalah permainan profesi. Jadi…di dalam tempat seluas itu yang terdiri atas 2 lantai, ada kota mini dengan gedung2 mini dan jalan mini dalam kota. Gedungnya seperti gedung pemadam kebakaran, bank, indomaret, pabrik susu, pabrik coklat, pabrik wafer, kantor polisi, rumah sakit, dan puluhan gedung lainnya. Sebagai gambaran keminiannya nih, gw kasih ancar2 kalo luasan tiap gedungnya mungkin sekitar 20-30m2. Selain gedung, ada kendaraan mini juga seperti taksi yang muat 3 orang anak, bus mini yang muat 10 anak, pokoke imoet imoet dueh.

Disebut permainan profesi karena ceritanya nti anak2 pada diajarin “bila aku menjadi” :D. Misalnya nih, si anak mau mencoba profesi di RS. Di sana dia bisa milih, “lo mau jadi dokter, jadi perawat, atau jadi pasien book?”. Seandainya jadi dokter, maka para coach (yang berdandan seperti dokter) akan mengajarkan anak2 tersebut secara simple, apa saja tugas seorang dokter selama 10 menit. 20 menit sisanya adalah aplikasi atau penerapan atau studi kasus dari teori tadi. Misalnya, para coach akan mengatur sedemikian rupa sehingga akan ada pasien yang pura2 sakit dan dokter2 anak inilah yang akan memeriksa pasien tersebut, tentu dengan bimbingan para coach. Bila sudah selesai, anak2 akan menerima upah dari apa yang telah mereka kerjakan.

Boleh pilih, mau jadi dokter, perawat atau pasien

Boleh pilih, mau jadi dokter, perawat atau pasien

Untuk mencoba satu profesi, waktu yang dibutuhkan rata2 sekitar 30 menit. Itu belum termasuk antri yak :D. Profesi2 tenar seperti dokter, pemadam kebakaran, polisi pokoke yang umum2 biasanya antrinya lumayan panjaang. Tapi yang ga umum seperti pengelap kaca (ada, gitu yak!), penyiar radio, fotomodel, atau penjaga perpustakaan digital keknya lumenjen cepet tuh. Unik memang, Kidz mengajarkan sejak dini bahwa profesi itu ga cuma 4 macam (dokter-pilot-guru-polisi) kayak waktu gw kecil dulu tapi juga adaaaaa tukang cat, pelayan indomaret, karyawan bank, buruh pabrik susu, dan lain2.

Kidz sesi 1 buka dari jam 9-14. Eit, itu antrian dari jam 8 udah mengular yak. Tidak ada keharusan untuk mengikuti permainan selama sesi itu, kita boleh keluar anytime. Tapi untuk 6 jam itu kira2 anak bisalaaah mencoba 8-10 profesi. Namun biasanya mah mereka cuma betah 4 jam aj, soalnya…lapar juga kaleee. Anak bisa masuk ke Kidz seorang diri (bila sudah mandiri), bisa juga ditemani oleh pendampingnya. Pendamping ini benar2 cuma menemani si anak doang yak, alias engga main. Kalau anak mencoba suatu profesi, misalnya sebagai pelayan dalam indomart mini, maka pendampingnya ya cuma memantau dari luar gedung. Intip2 lewat pintu atau jendela terus ceklik2 kamera, motretin sang anak sambil senyum2 bangga menyaksikan mereka yang masih mini sudah berperilaku seperti orang dewasa, hahahaahha :D.

Nah singkat cerita, Alif yang usianya baru menginjak 4 tahun, kami ajak ke Kidz. Waktu itu kami coba yang week-end. Untuk week-end saat itu (Maret 2013), anak usia 4-16 tahun dikenakan 130rb/org, 2-3 tahun kena 50rb/org, sementara yang menemani kudu bayar 90rb/orang. Nyemmm, termasyuk mahal yak. Sejujurnya ini juga kali pertama gw datang ke Kidz, rada surprise ngeliat tempat antri tiketnya yang miriiip banget ma counter Air Asia asli. Saking udiknya suami ampe tanya, “Ayang, kita ini antri tiket Kidz atau tiket Air Asia beneran siih?” Ssssh…ojo keras2 ngomongnya, Yang :p. Setelah beli tiket, kita akan dikasih gelang, kemudian melewati ruang periksa tas. Jadi ke dalam Kidz ga boleh bawa makanan yak, tapi boleh bawa minuman.

Antri tiket Kidzania

Wajah Alif yang curious dengan Kidzania

Wajah Alif yang curious dengan Kidzania

Keunggulan datang pagi ke Kidz adalah kita bisa melihat “joged selamat datang” dari para coach Kidz. Jadi tepat pukul 9, akan ada alunan musik yang ceria menggema di ruangan seluas 3000m2, dan para coach dengan balutan seragam kerjanya masing2 akan menari mengikuti alunan musik tersebut. Saking amazednya, biasanya si pengunjung akan terdiam, hakshakshaks, soal para coachnya sendiri udah heboh book. Seneng deh ngeliatnya, kayak happy sama pekerjaannya gitchu :D.

Setelah beli tiket langsung dapat cek 50 Kidzos dari BCA

Setelah beli tiket langsung dapat cek 50 Kidzos dari BCA

Menukarkan cek dengan uang Kidzos untuk transaksi di dalam (tapi ga bisa dipakai buat beli makanan, heu..)

Menukarkan cek dengan uang Kidzos untuk transaksi di dalam (tapi ga bisa dipakai buat beli makanan, heu..)

Profesi pertama yang dicoba Alif adalah bekerja di RS. Alif sendiri yang milih tuh? Ya enggaklah, wong Alif juga masih cengak cengok, “ini apaaaan?”, gitu kali ya pikirnya. Jadi emak bapaknya spontan memilihkan Alif profesi paling terkenal seantero dunia anak yaitu DOKTEEERR. Not bad, dia bisa antri sendiri, terus waktu dijelasin oleh coach juga lumayan tenang alias ga nangisan. Manggut2 (gatau tuh tanda ngerti atau bingung) dan kemudian sangat bersemangat dalam mengobati pasien pertamanya. Bahkan mendorong kursi roda pasien dengan kecepatan yang menjiwai :D. Bapak emaknya banggaaaaa sekali, huk huk. Alif menerima upah pertamanya dengan cuek (lom ngerti arti uang, bagus nak engkau tidak matrek! Hahah), dan sampai di luar minta main lagi.

Dipasangin seragam oleh coach, dijelasin tentang pekerjaan dokter, dikasih stetoskop, deteksi jantung pasien, ngobatin pasien, ampe dorong pasien pake kursi roda ke RS :p

Dipasangin seragam oleh coach, dijelasin tentang pekerjaan dokter, dikasih stetoskop, deteksi jantung pasien, ngobatin pasien, ampe dorong pasien pake kursi roda ke RS :p

Akhirnya kita cobain dia ke pemadam kebakaran. Siklus serupa terulang lagi. Dengan balutan seragam pemadam kebakaran, Alif bersemangat memadamkan api “pura2” dalam sebuah rumah yang terbakar sambil teriak, “Api Nabi Ibrahiiimmm!!”. Oalaaah, dia sudah mulai masuk ke dalam khayalannya bahwa yang dipadamkannya adalah api yang membakar Nabi Ibrahim. Gapapalah, U go kid!!

Foto kanan bawah adalah rumah yang ceritanya sedang mengalami kebakaran (ampe 2x, ckckck). Foto kanan atas adalah tim pemadam kebakaran di atas bak mobil pemadam kebakaran. Pantang pulang sebelum padam!!

Foto kanan bawah adalah rumah yang ceritanya sedang mengalami kebakaran (ampe 2x, ckckck). Foto kanan atas adalah tim pemadam kebakaran di atas bak mobil pemadam kebakaran. Pantang pulang sebelum padam!!

Lalu Alif mencoba menjadi tukang cat karena kami perhatikan dia sangat suka mewarnai, bekerja di pabrik coklat Silverqueen, pabrik mie Indomie, dan pabrik wafer Tango. Oooo so cuteeeee (*ga berhenti jepret2 kamera). Dengan topi koki anakku keliatan paling pendek namun chubby. Hehh? Setelah gw perhatikan dengan seksama, keknya memang Alif dari tadi adalah yang paling pendek deh. Entah karena dia yang usianya paling kecil atau memang dia yang badannya paling pendek yak?

Sampai di rumah Alif minta ngecat dinding kamarnya sendiri :(

Sampai di rumah Alif minta ngecat dinding kamarnya sendiri 😦

Kakak di sebelah menjadi panutan Alif dalam belajar membuat mie :D

Kakak di sebelah menjadi panutan Alif dalam belajar membuat mie :D. Adonan diuleni, digiling2, terus dimasukkan mesin apa tuh biar jadi mie (*well, emaknya juga ga jago masak sih)

Setelah mencoba 6 profesi, Alif mulai terlihat lelah dan bosan. Tapi dia masih bilang, “Mau maiiiinnnn.” Lah pan kami jadi bingung, keknya dari tadi udah main deeeeh. Ternyata oh ternyataaa yang dia maksud main itu adalah main outbond, itu tuuuh di playground sebelah Kidzania. Wkwkwkw, kami jadi nyadar kalo bagi Alif, Kidz ini bukan bermain tapi “BELAJAR DAN BEKERJAAAA”.

Saat sampai ke rumah, gw tanya si Alif. Alif senang ga main di Kidz? “Senang, Bu.” Bagus! Mau balik kesana lagi? “Enggaaaaaaa”. Laah? (*apa gw memang terlalu memaksakan Kidz ke anak usia 4 taon yaa?)

E tapi jelang seminggu kemudian, Alif mulai menyinggung profesi2 di Kidz itu. Tiap malam ituuuu aj yang dibilang2. Jadi memang benarlah kata orang bijak itu yaaa. “Jangan langsung memutuskan saat itu juga. Pikirkan dulu yang dalam, agar keputusan yang engkau ambil tidak bersifat emosional”. Terbukti Alif, setelah melalui pemikiran yang dalam, merasa bahwa Kidz itu memang menyenangkan sementara penolakannya di awal kemarin itu hanyalah keputusan emosional sesaatnya saja. Yakan? Yakaaan?

Soook, buat yang punya anak, minimal 4 taon, Kidz pasti jadi tempat rekreasi favorit anakmu. Boleh deeeh dijadikan kado ultah atau reward atas prestasi anak. Soal kalo tiap minggu kesana, bangkrut juga kali yaaaa aaahahahahah.

*kalau ga mau antri, bisa pesan tiket online di sini.

Advertisements
Comments
  1. Mengenai apa itu profesi..dan mengenalkannya ke generasi penerus bangsa
    berikut sharing dari beberapa teman-teman yang akan mengadakan Kelas Inspirasi pada hari sabtu 20 April 2013

    tagline:
    Cuti Sehari, Menginspirasi seumur hidup

    Dear all

    Para relawan pengajar Kelas Inspirasi

    Terima kasih sudah menyatakan diri bersedia menjadi guru-sehari dalam kegiatan Kelas Inspirasi. Kesediaan Anda sesungguhnya menyatakan bahwa Anda siap dengan segala kerepotan dan pengorbanan yang mengiringinya. Anda telah bersedia untuk menjadi guru sehari pada tanggal 20 April 2013. Terima kasih untuk semua pengorbanan ini.

    Kami ikut merasa bangga bahwa kita bisa saling menemukan dan saling bertautan demi sebuah misi sederhana ini. Republik ini ternyata masih dipenuhi oleh mereka yang mau berkorban dan ikut iuran demi kemajuan bangsanya. Semoga Kelas Inspirasi bisa menjadi sebuah pintu yang mengawali keterlibatan Anda dalam gerakan pendidikan di Indonesia yang aktivitasnya bisa jadi sangat dekat dengan kita, dan bisa jadi sangat banyak perwujudannya.

    Selamat merayakan pengorbanan dan pengabdian Anda ini. Selamat menikmati setiap momen, getir dan bahagia yang mengiringinya. Mari selalu kita tanamkan di benak kita bahwa hal sederhana yang kita lakukan ini bukan demi diri kita tetapi demi jutaan anak Indonesia yang akan mengisi lapis generasi masa datang.

    Kelas Inspirasi dilaksanakan di SD Kayuringin XII jalan Udang 3 Perumnas II Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi. (denah terlampir).

    Kegiatan dimulai pada pukul 6.30

    Jadwal mengajar terlampir.

    Sebagai kenang-kenangan untuk para siswa, kami membuat Papan Cita-cita.

    Harap setiap pengajar membawa beberapa spidol.

    Kami sudah menyiapkan papan, kertas dan double tape.

    Pengajar jam pertama diharapkan menginformasikan ke anak-anak tentang maksud dan tujuan penulisan cita-cita ini, diteruskan kembali oleh pengajar berikutnya dan seterusnya, sehingga di akhir pelajaran semua anak sudah selesai menulis dan menempelkan cita-citanya.

    Mohon support Adri sebagai photografer apabila ada kelas yang sudah selesai menulis cita-citanya bisa mengambil photo semua murid didepan tempelan cita-citanya ini

    Papan cita-cita tersebut akan dipajang di masing-masing kelas, semoga bisa menjadi penyulut semangat para siswa untuk meraih sukses.

    Para relawan pengajar, di depan anak-anak SD, Anda tidak hanya bercerita mengenai profesi yang anda geluti sekarang. Anda juga menceritakan bahwa ada proses yang harus dilalui untuk meraih sukses. Dibutuhkan kerja keras, semangat pantang menyerah, kejujuran dan kemandirian. Tidak ada jalan pintas meraih sukses.

    Profesi bisa lain, sektor boleh beda tapi cinta kita kepada bangsa ini sama-sama dalam, tulus dan sepenuh hati. Itulah kesamaan identitas kita semua. Itulah kesamaan para pengajar Kelas Inspirasi ini. Cinta bangsa itulah yang membawa Anda pilih turun tangan, ikut mewarnai masa depan.

    Kelas Inspirasi murni demi kepentingan pendidikan Indonesia. Janganlah dikotori dengan kepentingan lain baik kepentingan pribadi, kepentingan ekonomi ataupun kepentingan politik.

    Kami mengucapkan terimakasih buat Pandji Harsanto yang sudah terlibat dari awal merancang kegiatan ini. Dian Fitriana yang melakukan survei dan menemukan SD Kayuringin XII. Diana Sanjaya yang mengutak-atik jadwal mengajar (ternyata rumit juga yaa bikin jadwal).

    Dan tentu ucapan terimakasih tak terhingga bagi anda sekalian, relawan pengajar Kelas Inspirasi. Kehadiran anda di ruang kelas adalah iuran paling berharga yang bisa kita sumbangkan untuk bangsa Indonesia.

    Selamat mengajar, selamat menginspirasi

    Salam hangat

    Aditya Wardhana

    08125245478

    @heruwardhana

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s