Renovasi Ruang Cuci Jemur dan Pembuatan Rak TV Customized Design (2012)

Posted: December 21, 2012 in Rumah
Tags: , , , ,

Udah lama juga ga update postingan rumah, hehehe. Ini kejadiannya tahun 2012.

Sebenarnya sekitar 6 bulan yang lalu, rumah gw direnovasi lagi, mengikuti denah rancangan arsitek. Target utamanya adalah ngedak rumah, seluas 60m2 (4x15m), buat pondasi untuk lantai 2. Ruang cuci jemur juga dipindahkan ke atas, sekalian buat yang rapi biar lebih enak dipandang. Sebelumnya tempat cuci jemur ada di bawah, bawaan dari rumah lamanya. Ada sebuah ruangan terbuka yang diapit oleh dapur, kamar mandi asisten, dan parkiran motor. Ruang ini luasnya 1.5x3m, dan ada sedikit area terbuka di atasnya jadi sinar matahari bisa masuk. Karena terbuka inilah maka kami memanfaatkan tempat ini sebagai area cuci jemur (padahal dulu aslinya adalah dapur). Namun area terbuka itu ternyata tidak cukup luas untuk mengeringkan semua pakaian. Jadi kalau tidak ingin baju bau apek karena lembab, asisten di rumah mesti usaha naik tangga besi ke atas, dan menggantungkan baju di tempat seadanya. Sementara kalau hujan, air akan masuk menerpa ruangan itu, basaaah semua termasuk mesin cuci kesayangan gw disana. Mirislah pokoknya kalau liat foto lama di bawah ini dan ingat kejadian masa itu :).

ruang cuci jemur pra renovasi

ruang cuci jemur pra renovasi

Nah jadi setelah didak, gw pindahkan ruang cuci jemur tersebut ke atas. Ruang cuci yang lama di bawah niatannya akan diplongkan menjadi garasi di renovasi berikutnya. Luasan ruang cuci jemur yang baru ini sekitar 4.5 m2, sama dengan yang di bawah, hanya dibuat lebih nyaman saja. Atapnya dari polikarbonat, dan sekelilingnya full dari pagar besi. Supaya pemandangan jemuran tidak terlihat oleh tetangga, kami lapisi pagar tersebut dengan polikarbonat. Tempat ini tidak pengap karena ada akses pintu ke arah luar. Jadi kalau asisten sedang beraktivitas, pintunya bisa dibuka dan angin akan masuk. Pintu itu mengarah ke dak yang sementara ini dipenuhi oleh pot2 sayuran :p. Untuk memaksimalkan tempat, gw pengennya baju2 dijemur pake gantungan baju. Untuk itu gw sengaja request railing panjang yang dicat hitam buat tempat gantungan so..bisa muat banyak. Dan voilaaa, lumayan memuaskan. Jadi ga perlu pake jemuran yang besar itu :p. Tempat ini lumayan panas kalo siang hari, jemuran akan kering. Sementara saat hujan, air tidak masuk. Jadi menurut gw sudah cukup banget untuk sebuah ruang cuci jemur ^^. Di bawah ini adalah ruang cuci jemur yang baru.

ruang cuci jemur

Peningkatan terbesar menurut gw juga ada di furniture rumah. Secara kita paling malas isi rumah, kemarin tumben2nya kita akhirnya membeli meja makan. Bayangkan, meja makan baru ada setelah 4 tahun, ckckck. Pasangan apaaa ini. Selain meja makan, kami juga ingin rak tv baru yang rada lebaran. Liat2 ke Index Furnishing, ada si yang bentuknya pas di hati tapi kok ukurannya kepanjangan. Kalo mau nyari2 lagi kok ya ga ada waktunya. Akhirnya tanya temen, punya ga rekomendasi desainer interior yang recommended hasil kerjanya. Kebetulan teman kantor baru aj buat furniture rumah yang customized design dan dia cukup puas dengan hasilnya. Akhirnya gw pake jasanya dan ternyata..gw puas juga tuh :D. Mau tau tempatnya? Klik ini aj (nama desainernya “Tian”)

Begini request gw:

1) Berhubung 2-3 tahun lagi (atau 5 tahun ya, atau 10 tahun??) rencananya akan renovasi lagi, maka ruang tipi akan berubah ukuran ke yang lebih luas. Gw pengennya ga usah ganti rak tipi baru karena kan jadi boros. So sebisa mungkin rak tipi ini bisa dipakai di ruang tipi baru nanti dengan sedikit penambahan furniture.

2) Suami suka banget beli CD musik tapi ga pernah mau buang kotaknya. So gw minta dibuatkan rak yang ukurannya pas dengan kotak CD dan bisa muat untuk puluhan CD musik.

3) Gw ga suka liat kabel berserakan. Jadi pengen agar DVD player, sound system dan tipi kabel tersimpan di rak tertutup sehingga kabel2nya ga kan terlihat.

4) Ukuran rak tipinya jangan pake yang sekarang karena setelah renovasi ruang tipi akan menjadi lebih luas, otomatis akan membutuhkan tipi dengan inch yang lebih gede.

5) Warnanya sudah pasti harus ada warna putih yang dikombinasikan dengan coklat motif kayu.

6) Desainnya simple aj. Tidak boleh ada rak untuk buku. Maunya adalah rak pajang. Tidak mau ada pintu kaca.

Dengan rentetan request kayak begitu, Mas Tian mulai membuat rancangan. 3x rancang (yah tau sendirilah gw rewelnya kayak Dessy Bebek), baru gw approve dan beginilah gambar desain finalnyaaaaa :D.

desain rak tv sesudah renovasi

desain rak tv sesudah renovasi

Nah itu desain untuk kapan taon, alias kalo ruang tv-nya sudah diperlebar. Kalau untuk luasan yang sekarang mah tinggal dicut sana sini, menjadi seperti di bawah.

desain tv untuk rumah sebelum renovasi

desain tv untuk rumah sebelum renovasi

*cat backpanel dan duconya memang ganti2 karena kita nyobain semua warna, cari2 mana yang sesuai di hati.

Untuk rak yang tertutup itu dibuatkan Mas Tian dengan model buka-dorong. So kalo peralatan lagi dipake, laci bisa ditarik, ditidurkan, dan kemudian didorong ke belakang (ada rodanya). Nanti kalau ga perlu, laci bisa ditarik lagi, ditegakkan dan ditutup kembali. So cute ^^.

Rancangan ini sesuai dengan keinginan gw en suami, jadi kita minta anggarannya dan akhirnya kita oke-kan. Dikasih bonus juga deh berupa 3 pigura dengan warna yang senada dengan rak tipi-nya. Pembuatan desain keknya ga sampai sebulan, sementara pemasangannya cukup sehari. Sekalian deh kita minta backpanelnya dicat ulang. Tapi secara gw orangnya rada2 cuek, main asal tunjuk dan berfikiran “yah gampanglah, kalo ga cocok nti cat ulang lagee)”, beneran deh kejadian, hasilnya jadi gelap ajya… T-T. Kapan mau dicat ulang? Kapan2 lah yaaaa.

Bentuk fisiknya bener2 serupa dengan desainnya so gw puas deh. Bahannya multipleks dan tebal. Cat duconya bagus dan rapi. Satu kata, puasss :D.

*sebentar, saya mendengar kalian bergumam,”Loh kok jadinya beda dengan rancangan?”.

Wkwkwkw, plis jangan salahin desainer interiornya. Ternyata dengan kesibukan gw en suami, teteeep aj itu rak pajang lom terisi dan piguranya sampai sekarang lom ada fotonya :p. Kami mau foto bertiga di studio foto tapi ga sempat2, eaaaa. Mau cari barang buat ngisi rak pajangnya, gw yang terlalu perfeksionis. Kurang cutelah, kurang kecil ukurannya, kurang manis, kurang cocok, walhasil kosooooong terus ga isi2. Recent update sih akhirnya diisi sama mobil2annya si Alif.. Yah someday kalau ada waktu, insya Allah dibenahin lagi deh.

Setelah itu gw ada minta desain lagi sih. Yaitu rak sepatu, lengkap dengan rak helm, payung, gantungan jaket, dan perkakas. Warnanya disamain dengan rak tipi. Rancangan udah jadi dan oke banget, hati gw udah sreg, eee si ayah tiba2 beli motor, 2 buah pula. Ya udah deh duitnya bablas :(. Hukkkssss.

Ok sekian dulu yaa sharenya. Moga bisa berguna buat teman2 yang ingin memesan customized furniture. See u in the next  posts.

Advertisements
Comments
  1. Andika Widya says:

    ulalala…^^ iyaa aku juga puas pake jasa nya mas Tian ^^
    eh mbak feb aku link yaa hihihi..mbak feb link balik yaa blog ku yang ini yang lama dihapus juga gpp ahahahaha..tingkyu
    #maksa

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s