Nyemplung di Selokan Mataram

Posted: September 25, 2012 in Rupa-Rupi

Ziiing..!!! Akhirnyaaa, balik lagi gw ke ranah ini sodara2. Udah absen berapa lama ya? Hmm ampe ditegur ma Kak Vera, hihihi. Ya mumpung sekarang lagi lowong, jadi ya share satu pengalaman deh. Bukan pengalaman liburan pastinja karena sang suami lagi ga dapat cuti setaon ke depan, so cerita2 liburan setoopppp ampe Mei 2013 (*meratap). Baiklah yang akan gw share berikut ini adalah salah satu dari sekian banyak pengalaman gw yang memalukan.

Nah kejadian memalukan ini berlokasi di Jogja, tepatnya di Selokan Mataram. Bagi yang udah familiar dengan Jogja, ga asing lagi lah ya dengan ni selokan. Selokan ini melintasi kampus UGM dan UNY. Terlepas dari sejarahnya yang endeblenk endeblank, yang gw tau ni selokan memang mashyur namanya. Panjang ukurannya, daaannn coklat warna airnyaaaa. Yah wajarlah ya, yang di UGM itu kan selokannya terletak di tengah pemukiman penduduk so banyak banget sampahnya mulai dari plastik, sampah daun, kain2 rombengan, sampai bangkai binatang.

Ceritanya waktu itu hari Jumat. Baru aj habis kuliah (ehem, Teknik Geologi UGM). Pulang jam 11, ada kuliah lagi jam 1 siang. Semua teman pada istirahat di kost-an masing2 yang lokasinya emang dekat ma kampus. Lah gw?? Kost-an ada di Seturan, dekat UPN, nun jauh disana. Kenapa juga gw ngekost disana, udahlah ga usah dibahas, yang penting saat itu lagi gada aj hasrat buat nebeng di kost-an teman. So berbekal motor Shogun warna merah cakep, gw pun ngebut di jalanan Pogung demi cepat sampai di kostan. Pengennya pas di kost-an langsung tiduur..

Yaah..biasalah yang namanya anak muda, emosinya meletup2. Motor berasa paling keren sedunia. Gaya paling oke sejagat raya. Rambut panjang berkibar2 dihembus angin. Gw pun melaju dengan ringannya di tengah2 suara pengajian menjelang Sholat Jumat. Air di Selokan Mataram yang ada di sebelah kiri gw juga mengalir dengan cupunya. Sampai di suatu persimpangan dekat Kedokteran Hewan or Peternakan, gw liat ada mobil putih yang mau belok ke kanan (belok kiri, kalo dari arah gw). Ratingnya udah nyala. Tapi gw pd banget masih bisa ngelintasin, so gw ga mau ngerem deh. Pikir gw, “Lo apa gw nih yang ngalah? Ya elo dooonk!!” Bablas lantak, sementara si mobil juga bablas belok. Sudah jelaslah dari segi massa dan volume, gw yang tersundul. Tiba2 aj gw udah merasa badan melayang entah kemana, motornya juga tauk deh melayang kemana dan detik berikutnya udah bassahhh…

yah, kira2 begitulah gayanya

Rasanya? Yang jelas kalo udah kondisi kayak gitu, mana bisa mikir lagi tuh selokan bersih apa kotor. Bau juga ga kecium. Air udah banyak yang ketelen tapi ga sempat icipin lagi gimana rasanya. Yang ada gw sibuk ngeliat sekeliling, berusaha mengingat2 apa sih yang sebenarnya terjadi?? Orang2 udah pada ngerubungin dan gw jadi santapan empuk pandangan para jemaah yang mau pergi Sholat Jumat :p. Alhamdulillah yah..pada baek mau nolongin, secara itu bentar lagi beneran azan loh. Tangan gw digeret, motor juga entah kenapa udah di atas dalam keadaan yang tak kalah kuyupnya dari gw. Maluu banget tapi harusnya gw bersyukur karena nyemplung ke selokan. Coba kalau ga da selokan, gw nyium aspal donk :(.

Segera aj seorang cewek berlari2 ke arah gw dan bertanya, “Astaghfirullah Mbak…gpp? Ada luka ga? Ya ampun..mbaknya kenapa2 ga?”. Gw liat sekujur badan, perasaan sih fine2 aj. Apa karena jatuhnya ke air ya, kok ga ada luka. Terus sambil ngedumel gw cerita ke tu cewek sambil nunjuk2 si mobil putih yang udah parkir manis di tepi jalan, “Gpp sih, tapi emang sialan tuh mobil putih. Ngerem napa sih, ini main beloook aj ga liat2”. Si cewek terdiam, eeeh ternyata dia yang empunya mobiiilll!! Gubrak, a-akyuw malu..

Berikutnya gw cek barang2 gw, oke, sepertinya semua aman. Biasalah mahasiswa kuliahan, peralatan tempurnya semua dimasukin dalam tas ransel. Liat HP, udah dalam kondisi mati dan dengan bloonnya langsung gw nyalain. Sony Ericsson T65, hp kesukaan gw karena bentuknya centil dan masukin simcardnya gampang banget, layarnya langsung koit saat itu juga. Yaaah..(hembusin nafas pasrah). Akhirnya ada orang yang nawarin hp-nya buat dimintain tolong, thx ya someone. Gw call mantan pacar, dan ga berapa lama dia datang mendapati gw yang udah ga berbentuk. Dia menghandle semua. Yang gw ingat pokoknya gw cuma disuruh duduk, diantar ke kost-an dan besoknya motor gw udah di bengkel aj.

Pas masuk kampus besoknya? Gw sih bersikap seakan2 ga ada kejadian apa2, tapi ternyata ada juga temen yang melihat insiden itu. Sewot deh, udah ngejekin, nolongin juga engga, bleh!

Berdasarkan pengalaman tersebut, ada beberapa pelajaran yang bisa gw petik:

1. Walo lo merasa cantik dan paling gaya saat naik motor, tetap aj harus jaga kecepatan dan jangan terpengaruh emosi saat berkendara.

2. Segera setelah insiden terjadi, biasanya kita akan lebih fokus untuk mencari tahu “what’s happening” sehingga apa yang kita alami di badan menjadi tidak terasa. Segera temukan jawabannya dan kuasai diri anda, jangan berwajah seperti orang oon dan sibuk bertanya,”Aku kenapa ya? Tadi kenapa ya?”.

3. Kalau ada yang bertanya tentang kondisi anda, jawab dengan baik. Ga usah mencecar dan menyalahkan orang lain karena ya..siapa tahu memang kita yang salah heheeh.

4. Pantang untuk menyalakan kembali HP bila dalam kondisi basah.

5. Miliki pacar yang selalu siap membantu :p.

Advertisements
Comments
  1. vera says:

    eyampuuuunnnn….klo aku pasti udah trauma bawa motor tuh. Eh, gak nyemplung sungai aja tetep aja ding aku gak berani bawa motor qkqkqkqkq…..

    Like

  2. al says:

    gegara baca komen di http://metariza.com/2012/11/naras-field-trip-taman-safari-cisarua/ sebelum kerja,malah keterusan blogwalking deh,,
    post ini pun, bikin gw kangeeeennnnn jogja!
    salam geoduaribu *bedakampustapi 😀

    Like

  3. al says:

    (etadi udh jd komen belom ya?)
    selokan mataram itu never ending story bgt,,, #kangeeeennnjogjasangat!
    gegara baca komen di http://metariza.com/2012/11/naras-field-trip-taman-safari-cisarua/ emalah jadi blogwalking ke renov rumah segala…
    salam geoduaribu *bedakampus 😀

    Like

  4. Eradews says:

    Ooohhh.. Jadi itu tuh elu toh feb……??????

    Hahahah….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s