Baru2 ini gw menyelesaikan ujian kuliah semester 3 S2. Itu artinya no more lectures, no more homeworks! Hati ini bahagiaaaaa sekali, rasanya semua beban terlepas, pengen melompat tinggi2. Tentu saja momen ini langsung gw rayakan bersama suami tersayang dengan acara makan-makan sepuasnya. Sampai sekarang rasanya tak percaya akhirnya semester 3 ini selesai juga.

Ok, kilas balik cerita. Gw masih ingat dengan jelas di akhir tahun 2010 gw memutuskan untuk kuliah S2 lagi. Tidak ada pikir panjang mengenai bagaimana repotnya, apakah otak ini akan sanggup, bagaimana membagi waktu antara kerjaan kantor dan suami anak di rumah, dll, yang penting ambil formulir dan ikut tes! Alhamdulillah gw keterima di Jurusan Teknik Geologi Opsi Migas ITB, Bandung. S2 gw ini khusus untuk para karyawan, jadi kelasnya termasuk eksklusiflah. Walo kampusnya ITB, tapi kelasnya di Jakarta. Muridnya ada 39 orang, yaa termasuk padatlah untuk ukuran S2. Kuliahnya hanya hari Sabtu, tapi dari jam 8 pagi dan bisa sampai jam 9 malam kalau emang jadwalnya begitu. Tugasnya segambreng. Semua kemudahan ini harus dibayar dengan uang SPP yang rada mahal, yaitu 18.5 juta/semester.

Memang dasar manusia itu banyak mengeluh ya..sudahlah diberi kemudahan kuliahnya cuma 1x dalam seminggu, di Jakarta pula, tetap juga gw merasa bahwa S2 ini beraaat. Sering gw mesti lembur sampai jam 11 malam di kantor untuk mengerjakan tugasnya. Curi2 waktu kantor untuk belajar juga kerap terjadi. Di saat semua orang masih ngorok di tempat tidur pas hari Sabtu, gw mesti ke kampus di StanChart. Yang lain pada liburan tamasya ke Sukabumi atau Anyer atau Jogja eee gw kepanasan or kehujanan di lapangan. Ini belon termasuk kuliahnya. Ada dosen yang makin malam bukannya makin lemes, eee malah makin berangas! Ada dosen yang ngasi tugas ga kira2 banyaknya T-T. Tapi ada juga dosen yang berbaik hati, memikirkan perasaan mahasiswanya sehingga tugasnya bisa dikumpul sebulan lagi walopuuuunnn tetap aj mahasiswanya bandel ngerjain pake SKS (Sistem Kebut Semalam).

Makanan waktu kuliah? Aduuuh enak pisaaan. Langganan break kita tuh adalah kue2 dari Chiquita Pastry, lumpianya euuy ga nahan. Mesin kopi? Adaaa..di belakang kelas. Makin sore, makin sering bunyi tuh mesinnya :p. Makan siang dan makan malamnya juga siplah pokoknya, ngenyangin dan sesuai di hati. Sukur2 ada temen yang lagi ga masuk, ya makanannya bisa kita embat juga hahahah.

Teman2nya? Secara semua merasa senasib sepenanggungan, persis kayak zaman penjajahan dulu, jadi udahlah kompak banget. Kelas ini diikuti karyawan dari Pertamina EP, CNOOC, Medco, Petronas Carigali, Anadarko, HESS, EMP, Salamander, dan lain-lain bahkan dari perusahaan batubara, CBM, dan service processing juga ada. Dari yang umurnya sekian (ehm) sampai yang termuda yaitu 24 tahun, ada! Populasi cewe terhadap cowo? Mendekati 1:5 deh. Yah serasa bidadari lah kalo kuliah disana. Waktu istirahat mesti deh diisi omongan ngalor ngidul, mulai dari yang berbobot seperti tugas dan diskusi sampai yang ga penting seperti nyomblangin si A dan si B :D.

Salutnya gw, beberapa teman yang pekerjaan di kantornya “jauh panggang dari api” sama materi pelajaran, tetap ikhtiar dan tawakal dalam mengikuti kuliah ini. “Berat..”, “Ga ngerti…”, itu komen yang pasti sering diucapkan oleh kita sebagai mahasiswa. Gw aj kadang2 hilang fokus dan bertanya “ngapain gw ada disini, ya?”. Tapi seiring waktu ternyata semua bisa juga terlewati. Ujian yang kurang sukses, bisa diulang lagi dan diperbaiki. Materi kuliah kurang nyantol, bisa tanya sana-sini biar makin faham. Tetap mampet juga?, ya udahlah cari posisi duduk dekat orang pintar aj pas waktu ujian :p.

Eniwei, gw sendiri ngelewatin semua dengan langkah agak terseok2. Banyak banget temen yang gw repotin but thanks to all, semua alhamdulillah mau ngebantuin. Semoga aj tesis-tesisnya pada lancar yaaa..Semoga aj link pada makin bertambah dan berguna di kemudian hari. Mana tau-mana tau, gara2 kenalan pas waktu kuliah bisa jadi pasangan suami istri, hahahha. Atau bisa jadi 1 kumpeni. Atau nextnya ga sengaja ketemuan lagi pas di Europe sana. Who knows? Nasib bisa saja berubah hanya dari perkenalan yang sebentar.

Momen kebersamaan terakhir keknya adalah field trip besar di bulan Desember 2012. Hope it we’ll be unforgettable 😉

Comments
  1. Vera says:

    Saluuuuuuuttt bangeeed, gak kebayang rempongnya. Aku aja dulu kuliah s1 udah kayak mo nangis darah rasanya. Ini gak kebayang sambil Kerja, punya anak Dan suami pulak ckckckckc….

    Like

  2. Rina says:

    hihihihi… gue disebut sebut juga nih kayaknya;… sekarang kangen yak sama suasana hari sabtu T_T

    Like

  3. Arie May says:

    wah…ada teh ninot d fotonya. btw, thanks info nya, teh. sedikit membantu tekad saya untuk s2 d itb kelas jakarta. hehe

    Like

  4. finka says:

    Boleh minta info ga ttg S2 Geologi Migas ITB yang di Jakarta…makasih 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s