Apa saja yang patut dicoba dan dicemal-cemil disini?

Mie Belitung

Salah satu wisata kulinernya adalah Mie Belitung. Entah kenapa tiap buka blog orang tentang Belitung, mestiiiiii makan mie-nya di Mie Atep, Jl Sriwijaya. “Kenapa Pak Buyung? Apa karena bisnis antara tempat makan dan pihak travel, atau memang saking enaknya, atau?” (bertanya kepada guide). Ternyata Mie Atep emang pedagang mie Belitung tertua disini. Mie Belitung sendiri sebenarnya mie biasa, ada kuahnya dengan rasa manis. Di dalamnya ada potongan kentang, tahu, timun, udang dan emping. Menurut gw rasanya…ehm, biasa aj. Tidak terlalu istimewa. Ditambahkan sambalpun..tetap tidak jadi istimewa. Tapi nyoba kan gpp yah. Mie ini per-porsinya dihargai 10 ribu rupiah saja.

Es Jeruk Kunci

Rasanya agak beda, dan segar. Lumayan suka sih gw. Warna airnya bening, beneran ga ya air jeruk? Hehehe. Tapi ada taburan biji jeruknya tuh yang seolah mempertegas bahwa ini benar dari buah jeruk! Satu gelas harganya 5000 rupiah dan dapat dijumpai langsung di Mie Atep tersebut.

Warung Kopi Ake

Beuu..suami gw suka banget kesini, ampe didatangin 2x!. Warung Kopi Ake memang warung kopi tertua di Belitung. Sering didatangin oleh pejabat2 yang mampir ke Belitung. Kalau dari kedainya sih amat biasa, namun menurut suami gw, rasa kopinya ngalahin starbuck. Secara gw ga minum kopi, ya gw hooh2 aj :D. Suami nyobain kopi hitam dan kopi susunya, semua enak. Gw nyobain es teh tariknya, memang enak sih. Ga terlalu manis dan..pas aj rasanya. Semua minuman dihargai 5000 rupiah.

Gangan Ikan

Nah!! Ini dia makanan yang paling enak banget sedunia muwana. Gangan adalah jenis masakan ikan seperti kuah kuning, namun ada campuran nenas di dalamnya. Rasanya segar dan selalu bikin kita pengen nambah, lagi dan lagi. Katanya, ikan yang paling enak di-gangan adalah ikan katoap, setelah itu baru deh ikan bulat. Waktu itu gw makan di RM. Mabai, Tanjung Tinggi. Menu yang dipesan adalah gangan ikan, ikan bakar, dan sayur tumis kangkung. Untuk bertiga cukup pesan ikan yang masing2 beratnya 0.5 kg saja. 1 kg ikannya plus masak bisa mencapai 120 ribu rupiah. Perorang kira2 kena 50rbuan lah. Semua terasa enak, gatau deh apa karena lapar apa engga, tapi mulut ga mau berhenti mengunyah. Ikan gangannya enak. Ikan bakar, dicampur kuah gangan dan sambal Belitung juga enaaak. Tadinya gw pikir RM Mabai udah top markotop banget dah, ternyata katanya yang lebih enak lagi adalah RM Pendaunan yang letaknya tidak jauh dari RM Mabai. Sayangnya Pendaunan buka hanya waktu week-end. Ah gpplah, Mabai juga sudah sedaaaap!! (happy kalo makan makanan enak). Nih fotonya.

Eh sori..ini mah foto makanan waktu udah ludes :p. Ini nih foto gangan-nya!

Empek-empek Belitung

Belitung ternyata punya empek2 juga ya.. :D. Untuk empek2, gw icipin di Empek-empek Mama Riyo, Jl Kampung Damai. Rame banget disana padahal bukan hari libur. Rasa ikannya lumayan tapi tetap ga bisa menandingi Empek2 Candy di Palembang yang jadi fave gw. Tapi kalau mau dibawa buat oleh2, empek2 Mama Riyo patut dicoba. Pemesanan bisa 1 malam sebelumnya. Macamnya hanya ada lenjer, kapal selam, dan kulit. Jadi ga ada adaan. Waktu itu gw bungkus yang empek2 kapal selam, per buahnya seharga 10 ribu. Besarnyaa?? Setelapak tangan yang dikembangkan, dijamin super kuenyang!

Waktu di Belitung gw nyobain itu doang. Bagi yang tau kuliner Belitung lainnya, silakan ditambahi :).

Advertisements
Comments
  1. patbom says:

    Hai, saya juga baru pulang dari Belitung dan puas banget sama kuliner disana! Iseng-iseng, saya buat top ten guide tentang makanan Belitung. Silakan lihat di foodspotting.com/guides/6362-10-belitung-must-try
    Makasih!

    Like

  2. andreas says:

    halo…
    saya andreas..staff dari hotel bahamas & Resort..salam kenal..hehe
    kebetulan pas nge klik2 ktmu dengan blog ini,jadi langsung antusias mw comment2..hehe
    sebelumnya terima kasih sudah berlibur di pulau belitung..hehe
    tp sayangnya tidak menginap di bahamas hmm… 😦
    tp gpp la yg pnting sudah ke belitung juga sdh sng kq..hehe
    ini dia komentar saya sekaligus menjawab pertanyaan2 dan saran ttg belitung :
    1. kenapa pulau lengkuas bernama Lengkuas..; karena pas dl nya zaman belanda masih berada di belitung..pulau lengkuas t4 nya tumbuh tanaman Lengkuas (Rempah2)..hehe
    2. saran ttg makanan lainya tu, gangan bukan hanya ada 1 gangan kepala ikan, ttpi masih ada 2, yaitu gangan darat yg memakai daging sapi dan singkong sebagai bahan utamanya dan tumis gangan..jadi total gangan ada 3 ..hehe
    3. saran t4 wisata lain, sebenarnya di belitung masih banyak t4 wisata lainnya seperti t4 pemandian alam maupun wisata berziarah ke gunung tajam t4 makam orang pertama yg menyebarkan agama islam.
    lalu ada juga pantai lainnya yg bernama pantai penyabong dan batu bagindas yang lebih tinggi dari pada batu yang terdapat di tanjung tinggi..,batu bagindas dapat dinaiki, pemandangan dari atas sangat lah keren (kata dari para photograper)hehe
    lalu di pantai penyabong itu juga sebenarnya tidak bergitu berbeda dengan pantai tanjung tinggi , yg berbeda hanya lah bentuk2 batu di pantai penyabong lebih berkarakter..(ada batu gajah tidur) menarik bukan?hehe
    tetapi krn aksesnya yg masih belum bagus untuk kesana dan jarak yg ditempuh lumayan jauh , bisa memakan waktu sekitar 2 jam utk kesana,maka kebanyakan wisatawan di alihkan ke t4 yg lbh dekat.
    oh yah.. 1 lagi… ada pulau yg blum di singgahi yaitu pulau batu berlayar..seperti namanya di pulau itu teradapt batu yang menjulang lurus membentuk layar kapal.
    jadi total hoping island ada 5 pulau..hehe

    maap sebelumnya kl comment saya kepanjangan…hehe
    di tggu yah bu kedatangannya lagi ke belitung utk berlibur dan lain kali coba lah utk menginap di hotel bahamas..hehe
    walaupun rate nya masih lumayan tinggi bu..hehe

    Like

  3. andreas says:

    comment gwa kq gak muncul y?

    Like

    • Hi Andreas, comment baru muncul setelah diapprove oleh pemilik blog. Kebetulan kemarin2 lagi di luar kota, jadi ga buka blog ^^. Senang baca comment kamu, pokoknya bagi kami berdua, Belitung itu unforgettable banget deh. Harus sering diekspos biar pamornya ga kalah sama Bali ya. Waktu disana bahkan kita sebenarnya pengen tiap malam ganti hotel loh, ceritanya wisata hotel, gitu tapi ternyata mengunjungi objek wisatanya aj cukup lelah yaa, haahaha. Next ke Belitung, kita bakal coba Bahamas deh. Kita mmg ga pernah nginap di hotel yg sama kok, soal pengen coba semua :). Slaam sukses, Andreas. Semoga blogku membantu dalam mengiklankan Belitung yaa.

      Like

      • andreas says:

        Oh..bgtu yah..baru muncul stlh di approve..,hehe..
        iya salam kenal… ;D
        iyah..ini juga lagi gencar2nya sdng memasarkan,hehe
        mdh2an tahun ini wisatawan ke belitung lebih meningkat lagi dari pada tahun lalu..hehe
        dan semua nya pada puas dengan liburan ke belitung..
        ok..di tunggu yah bu..
        semoga sukses selalu… ^^

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s