Seperti posting gw sebelumnya yang ingin mencari tempat yang cocok buat Alif-anak gw yang lucu nan imut, akhirnya hari ini gw berkesempatan untuk meninjau ke Kinderfield, Depok. Kinderfield berlokasi di Jl Margonda no 250D (telv 021-7764274/83358051). Tempat ini ternyata belum lama dibuka sehingga waktu gw en Alif datang kesana muridnya masih sedikit dan sedang ada harga promo                         .

Jadi, si Kinderfield ini ternyata adalah sekolah full English language untuk anak usia mulai dari 18 bulan. Walau namanya sekolah, jangan dibayangkan bentuknya seperti sekolah kita jaman TK atau SD gitu. Prinsip sebenarnya adalah bermain namun memiliki tema yang berbeda di tiap harinya. Misalnya nih ya, tema hari ini adalah tentang Orange (Jeruk). Maka anak akan diajak menyanyikan lagu tentang Jeruk, membuat prakarya yang memakai jeruk, atau belajar mewarnai memakai warna oranye (warnanya jeruk). Apapunlah yang penting berkaitan dengan jeruk. Nanti di hari berikutnya temanya adalah pisang, kemudian lusanya adalah mangga. Seperti itu .

Kegiatan tiap harinya juga kadang diselingi dengan hiburan berupa nonton TV selama 15 menit, atau bermain-main (luncuran, kuda2an) selama 15 menit, baru masuk lagi ke proses belajarnya. Teachernya ada 2 orang, keduanya cewek yang sangat ramah, sangat aktif, dan menyenangkan. Si Alif manja banget, mpe minta dipangku terus :p. Waktu nyobain free trialnya sih, berhubung muridnya masih sedikit, jadi 2 kelas digabung menjadi satu (total murid hari itu ada 3 orang). Walo gitu materi belajarnya tetap dibedakan.

Selama menemani Alif free trial, inilah saat yang tepat bagi gw untuk mengumpulkan info sebanyak mungkin tentang sekolah ini. Gw pandangin dengan seksama teacher2nya, apakah mereka tulus menyenangi anak kecil atau hanya pura2. Gw selidiki kualitas mainan2nya. Gw tanya2 materi belajarnya. Dan yang tidak lupa adalah gw perhatikan murid2nya, apakah mereka menyenangi aktivitas ini dan teacher2nya pluuus gw langsung wawancari ortu muridnya juga, qiqiqiqiq. Dari semua hasil penyelidikan, feeling gw ternyata tidak salah, sekolah ini adalah yang paling tepat untuk Alif dibandingkan dengan Kelompok Bermain yang gw cobain sebelumnya. Bukannya gw mau bilang Gymboree dan Tumble Tots itu jelek loh ya, tapi ini lebih kepada cocok tidaknya dengan kebutuhan anak gw, Alif .

Nah karena waktu free trial Alif tidak menemui hambatan, malah terkesan sangat menyenangi – gw pun akhirnya mendaftarkan Alif ke sekolah itu. Sekolahnya 3x seminggu, 1x pertemuan selama 2 jam (ada kelas pagi dan siang). Gw pilih yang Selasa/Kamis/Sabtu kelas pagi karena kelas siang bertepatan dengan waktu bobo siangnya Alif .

Berapa biayanya? Silakan simak langsung di bawah ini. Menurut gw termasuk mahal T-T, cuma berdasar informasi yg udah terkumpul dan feeling gw yang udah kadung merasa cocok, jadi yaa kita coba ajalah :). Kalo ga dicoba ya mana bisa dibuktikan, ya kan? Btw bagi para ortu yang mau mencoba free trialnya, silakan datang ajya di jam2 yg cocok dengan usia anak anda.

Apakah Alif kerasan di sekolah barunya ini? Ternyata tidaaak..!! Waktu free trial, Alif memang tampak riang gembira, namun begitu sekolah dimulai dia langsung mewek dan nangis2 minta pulang. Rasanya satu sekolah itu isinya tangisan Alif semua, wkwkwkkw. Sayangnya, walau si Alif menangis sedemikian rupa, orang tua atau pengasuhnya disarankan untuk tetap tidak boleh menemani anak di dalam dengan tujuan agar si anak tidak manja, mampu menghadapi kenyataan, dan berlatih mandiri. Gw juga jadi agak2 khawatir, takut Alifnya trauma. Tapi kalau begitu anak ga suka, langsung diturutkan kemauannya – sampai kapanpun ia hanya akan memilih mana yang ia suka saja kan? Lagian penolakan ini bukan berarti sekolah itu jelek, tapi mungkin karena lingkungan yang baru bagi Alif. Dan ternyata benar, setelah 2x pertemuan si Alif nangis2 bombay, di pertemuan ke 3 Alif mulai menunjukkan sedikit perkembangan. Dia masih nangis tapi sudah mau ikut bermain dan belajar, ooowwh senangnyaaa!!!

Kinderfield juga membuat weekly report loh dari kegiatan Alif selama disana. Ini jelas menguntungkan bagi gw yang tiap harinya bekerja dan tidak bisa memantau kegiatan sekolahnya. Weekly report ditulis secara detil, dengan jujur dan apa adanya (udah gw cross-check kebenarannya ma nyokap gw yang ngintip2 kondisi Alif di kelas :p). Gw senang baca laporannya dan jadi bisa membayangkan situasinya. Semoga sekolah ini memang cocok buat Alif dan bisa membantu Alif semakin berkembang dari hari ke hari, amiin                         .

Advertisements
Comments
  1. bunda sarah says:

    salam kenal mba..
    thanks banget ya mba..infonya berguna banget nih buat aku yg kebetulan lg cari sekolah buat anakku (13bulan)…btw kemarin jadi free triali ke jerapah kecil atau lentera insan tidak?? trus bedanya apa ya antara gymbore,tumble tots, and kinderfield?
    thanks mba….

    Like

  2. FEBRIE says:

    Salam kenal juga Bunda Sarah :D. Langsung aq jawab yaa..Sepanjang pengamatanku, Gymboree dan Tumble Tots itu hampir sama konsepnya. Mereka lebih ke arah mengajak anak bermain (walo ada belajarnya juga) karena itu paling banter juga 1 jam dalam 1x pertemuan. Walo katanya menggunakan bahasa Inggris, waktu aq nyobain free trialnya si ternyata ga full English tu Bun..dan kalau aq liat teacher2nya sepertinya mereka sendiri masih belum begitu “in” dalam pekerjaannya. *cuma aq gatau ya Bun apa memang begitu kenyataannya atau karena mereka teacher yg kebetulan baru direkrut.

    Nah kalo Kinderfield (dan mungkin Cambridge juga sama), itu lebih mengkhususkan ke pendidikan/sekolah tapi sekolahnya sambil bermain kok, namun tujuannya lebih jelas. Anak kita akan diajarkan membedakan warna, membedakan binatang, naik tangga yg bener, toilet yg bener, mengerjakan prakarya2, dll. Teachernya juga luwes. Bedanya juga kalo di sekolah seperti ini, orang tua ga boleh menemani anak sedangkan kalo Gymboree dan Tumble Tots bila usia anak < 2 tahun malah wajib untuk ditemani. Kalau aq bandingin secara harga keseluruhan (pendaftaran, uang sekolah, uang kegiatan), jelas Kinderfield lebih mahal Bun. Tapi kalo kita lihat hanya dari uang sekolah, Kinderfield jatuhnya lebih murah dari Gymboree dan Tumble Tots, karena mereka 1x pertemuan = 2 jam, dan 3x seminggu. Jadi total sebulan adalah 24 jam. Coba Bunda Sarah klik2 kalkulatornya :).

    Namun bagus tidaknya tergantung dari kebutuhan anak kita ya Bun. Aq memilih Kinderfield karena aq dan suami berkerja sementara pengasuhku termasuk kurang kreatif dalam mengajak anak bermain. Makanya aq milih sekolah :D. Dan anaknya Bunda Sarah masih 13 bulan kan..Sampai saat ini rasanya sekolah yg kutahu menerima anak yang usianya minimal 18 bulan deh Bun. Semoga membantu 🙂

    Like

  3. bunda bakhita says:

    Trimakasih banyak loh mba infonya,klo boleh tanya masalahnya begini mba,anakku alya bakhita 2tahun 3 bulan agak susah diajak main sama teman2 dirmh,maunya hanya nonton baby tv dan slalu minta didampingu bundanya (karna aku bekerja dirmh) dan sangat susah klo ketemu orang baru..kira2 yg cocok u dia menurut mba yg mana ya..

    Like

    • FEBRIE says:

      waah Bun, anak kita seusia nih :p. Masalah Bunda mirip banget ma masalahku dulu. Kalau aq dulu cara mengatasinya adalah sering2 membawa Alif main di tempat main umum gitu loh Bun. Misalnya di ITC yang lantai dasar tuh (yg sekali masuk bayar 20 ribu), atau main di Ace Hardware (cuma luncurand oang sih tapi adaaa aj anak kecil yg main disana jd pasti ada temannya (gratisan), di Mal Depok, atau di Detos. Pokoknya sering2 kita bawa ketempat yg banyak anak kecilnya Bun. Mula2 Alif masih minta digandeng2), lama2 lepas sendiri, sekarang eeh udah suka negur anak lain seusianya :D. Sejak itu, ALif ga perlu lagi aq bawa ke tempat main, karena dia jadi gaul ma anak tetangga juga, heheh. Tapi walo gitu Alif masih suka nonton baby tv palagi kalo mau tidur :). Semoga membantu ya Bun.

      Like

  4. Mirna Ronie says:

    Bun… Aku tertarik banget nich ama Kinderfield. Tp dibandingkan dgn Cambridge bagus mana ya, Bun? Harga Cambridge kira2 brapa ya??
    Thanks tuk jawabnnya ya, Bun

    Like

    • FEBRIE says:

      Itu dia Bun, kemarin dulu ga sempat buat cek harga Cambridge. Tapi kayaknya hampir sama deh, kalo diliat dari metode belajar dan tempatnya :p. Anak Bunda Mirna umur berapa? Setelah anak saya yg umur 2 tahun itu sekolah selama 3 bulan, muridnya yang dulu cuma 3 orang sekarang udah 7 orang. Mungkin info ini membantu buat memilih 🙂

      Like

  5. averrosty says:

    salam kenal, numpang koen, hi hi…
    insyaallah kinderfield bagus koq….dan feenya cukup beralasan lantaran field trip dllnya udh termasuk dalam annual fee. lulusan2nya sudah teruji:) anak saya skrg di kiddy 1 kinderfield cibubur dan so far, saya senang melihat progressnya^^

    Like

  6. Riena Kowel says:

    Hai mba… Salam kenal… Aku baca kisah mba Febri mencari sekolah.. Membuat saya ingin menyekolahkan anak saya juga ke sana.. Nah, krn saya blm tau kondisi sekolah tersebut, apakah anak saya kira2 cocok gak ya di sana, secara anak saya benar2 aktif senang bergerak. Trimakasih mba masukannya..

    Like

    • Coba aj datang kesana Bun. Ada free trialnya. Dulu lokasinya masih di ruko Margonda, sekarang udah pindah di seberang Toko Kue Majestik. Sudah sampai SD, gedungnya besar dan ada lapangannya. Btw anak saya udah pindah, jadi ga disitu lagi :).

      Like

  7. indah says:

    salam kenal mbak,,
    mbak, anaknya sekolah di kinderfield y?minggu lalu aq udah k kinderfield sama cambridge, sebenarnya jatuh cintanya sama cambridge, tapi harganya gak bikin jatuh cinta hiks.klo kinderfield masih bisa q jangkau, klo kira2 sama kualitasnya aq rencananya d kinderfield aja, share donk metode belajarnya menurut pengamatan mbak.mksh

    Like

    • Halo Indah, maaf ya baru balas :). Anakku cuma toddler aj di kinderfield. Kemudian pindah ke Darul Abidin sampai sekarang TK dikarenakan di Kinderfield tidak ada jemputan, tidak ada pelajaran agama islam, terus lokasinya gedung jadi tidak ada lapangan buat bermain hehehe. Dan anakku memang lebih suka di Darul Abidin. Walau begitu Kinderfield juga bagus, sekarang sudah pindah ke tempat yang lebih besar, di seberang Majestik Bakery ya.

      Like

      • indah says:

        hi mba febri.darul abidin dmn y?iya memang tdk ada jemputan y jdnya aq juga bingung siapa yg antar jemput anakq.klo camridge ada jemputan wlpn jaraknya k rmhq cuma 1km.klo soal metode belajarnya bagaimana mbak? tolong d share mbak.krn klo cambridge ada mading soal profile guru2 nya terus q liat ruang belajarnya,media edukasinya lbh banyak n variatif gt.mksh mbak untuk infonya

        Like

      • Indah. Darul Abidin ada di Beji Timur, tepatnya masuk dari Jl. Ridwan Rais. Indah dimana lokasi tempat tinggalnya? Disana metode belajarnya sangat santai. Selama playgroup anak hanya bermain, tidak dipaksa harus menguasai ini dan itu. Berbahasa Indonesia tapi juga diajarkan sedikit bahasa Inggris dan Arab. Belajar menghafal surat singkat dan hadits2. Belajar untuk memberi makan hewan. Ada lapangan bermain dan kolam renangnya juga (walau tak seberapa luas) namun anak2 senang sekali. Kegiatannya sangat banyak bahkan ada internet gamesnya juga. Ada antar jemputnya, dan ada kegiatan pengajian untuk orangtuanya (jika berminat ikut). Sering mendatangkan istad dan ustadzah terkenal looh. Kalau Cambridge dan Kinderfield saya lihat metodenya lebih ke barat dan teknologi ya :). Anak saya lebih suka di Darul Abidin, terlihat jelas dari semangatnya untuk ke sekolah.

        Like

  8. Licya says:

    Hai mba.. makasiih bgt reviewnyaa.. saya lg nyari2 tempat buat yusuf (2th) sekolah bermain nih.. ada option lain yg udah sempet trial juga gak mba selain gymboree dan tumbletoots?

    Thanks

    Like

  9. Catharina says:

    Allow Mbak Febrie…salam kenal 🙂
    saya dg Catharina,
    mau minta informasi untuk sekolah jerapah kecil Mbak..
    saya tinggal di kebagusan, lenteng agung. Apakah sekolah jerapah kecil lokasi nya mudah di akses dr tempat saya tinggal (dekat)?
    di sana hanya untuk PG dan TK saja, atau ada SD nya juga Mbak?
    terima kasih sebelumnya ❤

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s