Serunya Liburan ke Puncak (Taman Wisata Matahari – Kota Bunga – Wisata Agro Gunung Mas – Taman Bunga Nusantara – Little Venice)

Posted: June 23, 2010 in Liburan Dalam Negeri, Puncak, Bogor, Rekreasi Anak
Tags: , , , , , , , , , ,

Tumben2nya semua keluarga gw ngumpul di Depok!! Ada si papah, mamah en adek gw. Wah ini kejadian bisa setahun sekali datangnya, jadi harus dimanfaatkan. Maka gw pun merencanakan untuk liburan bersama, (menginap pastinja), dengan memanfaatkan rest and relax jatah suami gw, wkwkwkkw (curaaang :p). Tempat berlibur yang gw pilih kali ini adalah Puncak. Yah..sebenarnya tahun ini juga udah pernah ke Puncak si, tepatnya ke Taman Safari, bahkan mpe nginap segala. Tapi walo sama-sama Puncak, kali ini jelas untuk mengunjungi objek wisata yang berbeda. Dan seperti liburan sebelumnya, untuk menghindari kemacetan, gw en suami sengaja ambil cuti 1 hari di hari Jumat.

Berhubung tanggal segini bertepatan dengan libur anak sekolah, 1 malam sebelum berangkat gw udah cereweti semua orang kalo kita wajib kudu musti berangkat jam 7 pagi !! Eh tumben banget, kali ini bisa terwujud, wkwkwk. Total personel yang berangkat ada 8 orang, yaitu gw en suami, si mamah en papah, adek gw, 2 asisten rumah, en anak gw yang lucu lagi imut – Alif. Menggunakan Avanza 1300 cc (I lub this car a lot !!), kami pun cabcus.

Jumat, 18 Juni 2010

Perjalanan aman terkendali, tidak ada hambatan sama sekali. Target utama kita adalah mengunjungi Taman Wisata Matahari (1 grup dengan Matahari Dept Store, ternyata :p). Sekitar jam 9 liwat, kita udah sampai disana. Dari googling2 dan tanya sana sini, kayaknya Taman Wisata Matahari tuh oke banget gitu loh. Jadilah gw udah heboh menceritakan betapa akan menyenangkannya tempat ini ke ortu gw. Eh ternyata oh ternyata…tempatnya tidaks seindah yang gw bayangkan, huuuks kuciwa nih. Ternyata ni tempat penuh dengan wahana untuk anak usia < 12 tahun, lahhh yang gw bawa kan manusia2 berumur 25 – 60 tahun, pegimana neeeh.

Tapi karena udah kadung bayar 50 rebu buat uang masuk, ya udalah kita coba beberapa wahana yang sekiranya pantas kita naiki :p. Rame2 kita sewa bendi buat keliling2, bayarnya 35 rebu, muatnya (kata si kusir nih) bisa 5 orang. Akh…apanya yang 5 orang, 4 orang kaleee, itu juga udah impit2an. Akhirnya jadi 2 bendi deh, ya hayuuu kita berangkaat!! Ikh tapi sungguh2 kuciwa, si bendi itu jalannya udahlah pelan banget, bentar pulak (10 menit), udah gitu kami dibawa ke tempat2 ga jelas, macam arena ATV yang sudahlah kecil becek pula…ke pool yang belon jadi, ke rumah penduduk yang lagi majang jemuran, aaaahhh 70 rebu jadi kebuang sia2. (Jangan naik bendi deh kalo kesini, bener!!). Masih tak puas, kami pun mencoba perahu motor. Kebetulan dekat tempat kami ngetem ada danau yang luasnya juga tak seberapa itu. Kayaknya asik nih ngitarin danau, ayo dicobaaaa!!. Satu orang bayarnya 5 rebu, 7 orang total 35 rebu. Begitu dicoba eeeh tu perahu kekencangan. Walhasil danau berhasil kami jelajahi hanya dalam tempo 3 meniiit!!! Hah, wisata apa ini?? (merki gini gw :p).

Masih belon kapok juga, akhirnya kami menyewa boat-kayuh-sendiri. Yang naek adalah bokap, nyokap, adek en gw. Hahahah, yang ini baru OK punya, seru juga bo soal yang satu ngayuh kemana..lainnya ngayuh kemana. Jadilah boat kami belok2 engga jelas tujuannya. Nyokap gw semangat kali pun, minta tu sungai dijelajahi mpe 2x, pengen kurus keknya :D. Sakit ati kali waktu nyoba baju pelampung kok pada ga muat semuaa, hahahahah. Capek juga kayuh2 ga jelas, hosh2, tapi kami masih belum puas juga. Abis itu kami coba bersepeda, murah soale cuma 3-6 ribu per sepeda. Gw tandem ma adek gw, sementara nyokap gw sewa sepeda sendiri. Wkwkwk, ini juga seru soal setangnya kan goyang banget (ga bener nih sepeda sebenarnya) jadi kita ngowes ngalor ngidul, dari belakang yang keliatan cuma 3 bokong gede2, hahaha, maklum ga satupun yang bertubuh langsing..Lagi2 nyokap gw semangat banget, set dah, beneran pengen kurus nih. Cepet banget nggowesnya, bentar aj udah ilang!!!

 

Tidak terasa udah jam 11, betah juga disini ternyata. Kami pun cabut dan berencana mau makan siang di KFC. Biasa..googling di jalanjajanhemat.com, katanya ni tempat asik punya. Tapiii..kok ga ketemu ya 😦 :(. Padahal suerrr leher gw mpe sengklek ngeliat ke kiri terus, mencari2 si KFC. Sudahlah akhirnya kami ishoma dulu di Mesjid Atta-Awun, kebetulan pas waktu Jumatan. Selagi yang pria pada salat, kita yang cewe2 pada makan jagung baker, oooh sedapnyaaaa. Si Alif juga sibuk menjelajahi halaman Mesjid, lari sana lari sini, ngeliat aj kita bisa ikutan cape loh :p.

Abis itu kita lanjutkan perjalanan nyari si KFC tadi (masih keukeuh gini gw) eh liat2 kok udah km 80???!!! Perasaan dia di km 50 ke bawah…Ah daripada mati kelaparan akhirnya kita berhenti di sembarang resto. Maka setoplah kami di Resto Pondok Alam Indah. Tempatnya sih enak, bersih juga, tapi mengenai rasa..waaahh standar banget, padahal masing2 udah pesan beda2 tuh. Gpplah, yang penting bisa makan :p

Abis itu sekitar jam setengah 3 kita cabut menuju tempat kita menginap, yaitu KOTA BUNGA!! Sebelum berangkat sebenarnya gw udah mesan tempat di Hotel Seruni (katanya sih bagus), tapi secara musim liburan, gw udah kehabisan villa (1 villa seharga 1.5 jt), dan bisanya cuma dapat 3 kamar. Berhubung demi kekompakan bersama, namanya juga liburan keluarga kok kamarnya misah2, akhirnya gw googling lagi deh. Eeh dapatlah villa di Kota Bunga (pemiliknya bernama Mbak Ade Ferdijana). Gw belon ada bayangan seperti apa Kota Bunga ini, namanya juga baru denger, tapi berhubung harganya cuma 850 rebu/malam (bayangkan itu lebih murah daripada si Seruni!!), ada 3 kamar yang bisa menampung 8 orang, tanpa ba-bi-bu gw langsung booking ni villa.

Kita sampai di Kota Bunga jam 3-an. Jalan menuju ke sana agak lubang2, bikin gw was2 (jangan2 villanya bikin sedih..) eeeeeh ternyata I’m totally wrong!!! Bener2 ga nyeseeeel gw booking villa di tempat ini. Jadi, ternyata si Kota Bunga itu yah, mirip perumahan Kota Wisata-Cibubur (developernya sama, Sinas Mas) tapi ini khusus villa. Duh tempatnya rapi pisaaaan, tiap villa ada tamannya dan tamannya bener2 kerawat bo (tukang kebonnya seliweran dimana2). Villanya bisa sampe ratusan, dan terdiri atas berbagai mode. Ada yang model rumah Cina, rumah Mediterania, rumah country, rumah barbie, rumah Belanda, ah banyak dah. Nah gw pesan yang villa model rumah Jepang, namanya Osaka 24. Gw kontak si penjaga villa, namanya Pak Ubay, dan kita pun diantar ke villa tujuan. Aduh, bener2 ga nyesel deh, villanya lucu, terawat dan super bersih. Dan yang bikin kita senang, disana disediakan banyak sepeda mulai dari sepeda anak2 mpe dewasa, alat barbeque, bahkan mainan buat anak kecil juga adddaaa !!

Yah udah deh habis taruh barang, kita langsung sepedaan. Asisten gw aj yang 2 orang itu juga ikut sepedaan, wkwkwk. Rencananya mau kelilingin tuh komplek, buat liat model2 rumahnya sambil dipoto2 (kan bagus2 tuh) tapi euh sok betuuul, yang komplek Jepang aj ga kejelajah saking luasnya. Akhirnya daripada ga bisa pulang, udahlah, balik lagi, mandi aj biar segeeer. Abis mandi semua langsung pada tewas, kecapean main sepeda kali yak, daaan ditambah dengan keberadaan siaran Piala Dunia membuat kita jadi malas cari makan malam diluar. Kita putuskan untuk makan mie instant aj enak kan anget2 mana cuaca dingin disini. Eh kok, emang ada mienya? Telornya? Eh teh ma gulanya??? Daaan dengan malu2 akhirnya kita ke rumah sebelah (tempat Pak Ubay nginap) dan meminjam motornya buat ke Alfamart :p.

Sabtu, 19 Juni 2010

Hari ini kita mau sarapan pagi agak jauh dikit, heheheh. Di Wisata Agro Gunung Mas, abisnya si papah mau nyoba teh yang asli dari kebun teh. Yasud, mandinya ntar2 ajalaaaah, kita cabut langsung mumpung masih pagi (udah jam setengah 7 ni). Sampai di sana, Masuknya aj bayar ternyata :(, kena deh 57 rebu, masih sepi eeeh sempat liat ibu2 pemetik teh pada berbaris jalan ke kebun teh. Kita langsung sarapan dan mesan teh hitam poci (teh Walini) buat minumnya. Makanannya? Standar..harganya juga rada mahal, tehnya pun kok perasaan biasa aj, hehehe, tapi secara menyantapnya sambil mandangin kebun teh jadi terasa asik aj gitu!! Oh iya, pisang gorengnya yang enak, cobain deh. Abis makan kami pun tea-walk sedikit, sedikit ajjaaa…bia ga cape :p plus poto sana sini. Memang segar ya Puncak itu mata jadi bersih kalo mandang yang ijo2. Alif pun senang banget disini, asik main2 gelembung sabun.

 

Nah selesai makan udah jam 9, harusnya balik ke villa. Tapi si mamah pengen langsung anjangsana ke Taman Bunga Nusantara (TBN). Aiih.. belon mandi geneee?? Tampang masih kucel ga bedak’an lagi. Muka udah kayak mbok2 di desa, ah tapi gpplah, toh di foto ga gitu2 keliat. Maka kita pun cabut ke TBN. Dari Kota Bunga sekitar 30 menit, dan jalannya aduddduuh, ga mendukung banget. Jadi khawatir lagi, si TBN beneran bagus ga ya, kok jalannya jelek gene??

Ternyata lagi2 gw ketipu. Begitu sampe, langsung terlihat keindahan TBN, beneran untung datang kesini. Jadi luas TBN ini aslinya 35 ha. Nah 28 ha digunakan buat pertamanan, sementara 7 ha buat arena bermain. Mulai dari Taman Jepang, Taman Perancis, Taman Mediterania, Taman Bali, duh macam2 deh ada disana. Ortu gw mpe girang gitu, semangat banget pengen nyusurin semua by foot. Mana kuat kan, bentar aj langsung pada gempor, ini wilayahnya kan hektaran!! Akhirnya kami balik lagi, beli tiket untuk naik kereta Wira Wiri (per orang kena 4 rebu) jadi bisa ngitarin TBN. Oh iya, gw en suami menyempatkan untuk bermain labyrinth, asik juga :). TBN benar2 indah, aseli deh, yang buat ni tempat emang niat banget. Bunganya berjumlah ratusan ribu, datang dari berbagai negara. Tempatnya bersih dan tertata. Sungguh tak menyesal menyempatkan diri datang ke sini :D. Sayang kami tidak bisa menjelajahi semua saking luasnya. Oiya, kalo kesini mending pagi soal kalo siang udah panas, engga enak deh buat ngelilingin by foot.

 

Abis dari TBN, kita langsung ke villa. Mandi dan cek-out deh. Tapi sebelum pulang ke Depok, kita sempatkan untuk mampir dulu di Little Venice. Objek wisata ini ada di dalam kompleks Kota Bunga itu sendiri. Dan bagi para penyewa villa mendapatkan diskon biaya masuk sebesar 50%, lumenjen kaaan?? Jadi, Little Venice adalah danau yang bertemakan kota Venice (Venesia), Italy. Danau tersebut cukup luaaas, dan bisa dijelajahi dengan menggunakan berbagai macam wahana air (gondola, kapal, perahu, boat, maupun sepeda kayuh). Di pinggir danaunya dibangun rumah2 gaya Italia, cakep banget deh, bisa lihat langsung fotonya. Kalau kita ingin menjelajahi danau menggunakan wahana airnya, kita bisa masuk ke lorong2 kotanya.

Tentu saja wahana air ini memiliki tarif sendiri. Untuk gondola, dikenai biaya 15 ribu/orang. Sementara sepeda kayuh hanya 10 rebu/orang. Sebagian besar dari kami memutuskan untuk menjelajahi danau menggunakan gondola (kan udah ada tukang kayuhnya tuh, cucoklah buat mamah papah yang sudah berumur, ehheeh). Nah, gw en adek gw dengan tidak ragu2 memutuskan untuk memakai sepeda kayuh. Masih muda masa mau didayungin, malu ahhh :p. Sebelum masuk ke sepeda kayuh, penjaganya memberi petunjuk, “Jadi mbak, kalo mau ke kiri-tongkatnya harus ke kanan. Nah kalo mau ke kanan-tongkatnya arahkan k ekiri.” Heh???? Dia bilang apaa..??? (bisik2…)

Ah sebodo amat, cuma kanan kiri ini apa susahnya si. Jadilah kami berangkat. Gw en adek gw dengan sepeda kayuh memilih untuk menyusuri lorong kota. Sementara suami, papah mamah en para asisten tamasya ke tengah danau menggunakan gondola. Berangkaaattt !! Ngik ngek ngik ngek, si sepeda kayuh ternyata berisik juga, tapi kami tetap semangat. Mulai masuk ke lorong kota nih, danaunya jadi menyempit hanya selebar 2m, kanan-kirinya dibatasi tembok rumah (namanya juga lewat lorong kota). Ehh..ternyata susah banget, sepeda kayuh kami sibuk membentur kiri dan kanan. Walhasiiilll….kami dengan suksesnya tidak maju2 !!!

Gw en adek gw mulai panik dan berpikir keras supaya ni sepeda kayuh bisa maju dengan benar, malu juga kan kalo kesusul ma gondolanya papah mamah. Padahal kalo dihitung2, dari posisi start tadi, kami masih berjarak sekitar 20 m, uuuuh benar2 memalukaaan !!! Lagi sibuk2nya mendayung, arahkan tongkat kiri-kanan, eh beneran deh-tiba2 gondola papah mamah udah nongol di belakang :(. Kami diketawain, huks2, sok banget siii…Tapi itu belum seberapa sodara2. Yang lebih memalukan, setelah gondola papah mamah pergi, menyusul di belakang kami perahu Naga sewaan orang. Karena ukurannya lebih besar daripada gondola, mereka jadi ga bisa lewat soal jalannya udah ketutup sepeda kayuh kami, adduuuh malu banggeet. Kami pun dengan panik sibuk mengayuh, bukan agar maju tapi agar sepedanya minggir :p. Begitu perahu naga itu lewat, kami mulai tenangkan pikiran, dan mengayuh pelan2. Tapi tetep aj ga maju2, muteer disana2 mulu, duh padahal udah 15 menit tapi kami masih di situ2 juga, sebbel. Akhirnya pikir punya pikir, kami tinggalkan aj sepeda kayuhnya, hahahahah. Kami pun kabur lewat rumah kota di pinggir danau, bener2 tindakan ga bertanggung jawab tapi daripada sepeda plus kaminya digerek penjaga, lebih malu lagi kaaan ???!!!

 

Puas bermain di Little Venice, kami pun akhirnya pulang dan mampir dulu di resto Bumi Aki untuk makan siang. Jam sudah menunjukkan pukul setengah 3 siang. Resto ini lumayan mahal, perorang bisa kena hampir 40 rebu, tapi masakannya enak, pemandangan juga oke punya. Asiklah makan disini :D, recommended! Selesai makan udah jam setengah 4, kita pun balik ke Depok. Siyalnya kena one-way, uh pegimana sih padahal katanya mulai dari jam 3 sore udah arus turun, kok masih disetop juga. Padahal masih di Puncak Pass udah kena one-way, mobil kami tertahan selama hampir 2.5 jam. Saking lamanya kita mpe tebak2an, jam berapa kira2 sampai di depok. Gw en adek bilang jam 11 malam. Suami gw bilang jam 12. Nyokap jam setengah 1. Si papah ga tanggung2 bilang jam setengah 3, aje gileee, jangan sampe deh. Eeee taunya kami sampai depok jam 10 malam, gada yang beneeer… :p

Overall, perjalanan ini sangat menyenangkan. Hanya 2 hari 1 malam, banyak tempat bisa kita kunjungi, villanya pun memuaskan. Besoknya adek gw balik ke Bogor, lusanya si papah pulang ke pekanbaru. Sementara mamah mau stay tune dulu bentar demi sang cucu. Dada semuaa..ntar2 kalo ngumpul semua, kita jalan2 lagi yaks!!!!

Related posts : Wisata ke Bali, Wisata ke Bandung, Nginap di Taman Safari

Comments
  1. diandra gumilang says:

    Salam Mas, bisa dapat no kontak yg punya villa ngga ya? Thnks

    Like

  2. FEBRIE says:

    @Diandra : Mas?? Mas?? Saya Mbak.. T-T. Btw ini no kontaknya : Ibu Dina no telp : 087878022930. Have a nice vacation 🙂

    Like

  3. Aris says:

    Mantap mbak liburannya bisa jadi referensi, enak dibaca ada harganya juga sekalian tips2 bermanfaat.

    Kalo bisa yang di Jawa Tengah dan Jawa Timur juga mbak

    Trus kalo lebaran bgmn situasinya. Thanks

    Like

  4. hime says:

    mba, saya mw sontek sontek itinerary jalan2nya..ebad euy detail gitu semua muanya, yg ke HK juga…

    Like

  5. Dessy Achieriny says:

    recomended tempat2nya detile bgt.. td sayah mau ke wisata matahari.. tp kayanya gak jadi.. mending ke kota bunga sekalian ke little venice.. harga2nya juga bisa jadi patokan berapa uang yg harus di keluarkan kocek.. like this laah.. ^^

    Like

  6. Elin says:

    makasih ya mb… buat infonya. top bgt deh deskripsinya serasa kita dah kesana. jd pengen buru2 kesana soalnya belum kesampaian nih dr kmarin2.

    Like

  7. irma says:

    nice info, tapi dha keburu daftar nih, mo ke taman bunga matahari, mudah2an g kecewa2 banget..ngiler nih baca artikelnya, bener…berasa udha ke sana, hahaha..info villanya oke punya…thanks berat ya.. 🙂

    Like

  8. Rotiban Amin says:

    mantapbanget….

    Like

  9. aprilia says:

    mba feby,salam kenal..

    aq seneng bgt deh baca review2 jalan jalannya semuaa.ga bosenin dibaca berkali kali..love it!.sampe pengen ikutan nyobain satu satu hehe.bbrp udh jd rekomendasi aq liburan looh..

    nungguin cerita cerita jln2 berikutnya..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s