Akhir2 ini gw semakin terenyuh melihat Alif kecil kok ya tampak kesepian dari hari ke hari. Kerjanya nonton tipiiiiii mulu (kalo ga lagu anak2 islami, ya baby tv, itu aj bolak balik). Kalo ada anak tetangga main ke rumah, tampangnya langsung cerah ceria, tereak2, lari sana lari sini, eee begitu anak tetangga pulang langsung lesu lagi, sediiiiiih deh ngeliatnya. Maklumlah kedua orang tuanya bekerja, pengasuhnya juga walo mbae dan sabar tapi agak2 kurang inisiatif untuk mengajak anakku main. Udah gitu teman sebaya Alif juga bisa diitung sama jari, itu juga udah mulai pada masuk TK jadinya habis deh teman mainnya, oooh kucian dikau nak… Pernah juga dibawa omanya mendaftar ke TK di dekat rumah, mana tau buka kelas playgroup atau toddler juga tapi ternyata tidaaaaks, oh sedihnya padahal waktu itu Alif udah berpakaian super bagus, mana tau udah langsung bisa mulai sekolah (huks2).

Akhirnya kemaren gw memantapkan hati untuk mencari semacam komunitas bermain buat Alif yang usianya sudah 1.5 tahun ini. Dari hunting sana hunting sini, tersebutlah 5 komunitas bermain di Depok yang bisa dimasuki oleh Alif : Gymboree, Tumble Tots, Jerapah Kecil, Montessori, dan Cambridge. Nah week-end pertama ini gw en suami mau melihat 2 tempat dulu, yaitu Gymboree dan Tumble Tots, mumpung ada free trial (gratis mencoba), heheheh, ibunya Alif suka gretongan juga ternyata :p. Posting ini sengaja dimasukkan dalam rekreasi anak karena bagi para ibu yang sibuk bekerja, boleh ni ajak anak rekreasi nyobain first trialnya, lumenjen kan bisa menghemat puluhan ribu :D.

Nah mari kita bahas satu persatu dimulai dari Gymboree. Gymboree (telv : 021-93924600/021-78871070) berlokasi di Mal Margo City, lantai 1. Dari brosur yang gw baca, Gymboree adalah komunitas bermain yang diperuntukkan untuk anak2 mulai dari usia 6 bulan sampai 4 tahun. Di tempat ini anak2 akan didampingi oleh teachernya, diajak bermain sambil belajar (tentu diiringi musik) dengan pengantar Bahasa Inggris. Kelasnya terdiri atas kelas gym (bermain dengan alat2), kelas musik, dan kelas seni. Disini anak2 akan diajarkan bersosialisasi, berbahasa Inggris, melatih syaraf motorik, mengenal musik, melatih agar anak fokus dan bisa melakukan tindakan sesuai dengan yang diminta. Untuk mengikuti program Gymboree, anak bisa kita daftarkan menjadi anggota (bayar di muka), bisa juga bayar per sekali kedatangan.  Tentu bayar persekali kedatangan akan lebih mahal daripada menjadi anggota. Di bawah ini adalah rincian harga dari brosur yang gw peroleh (Jun, 2010).

Karena usia Alif masih 1.5 tahun, maka Alif diikutkan dalam kelas W-2, artinya usia berjalan sampai 2 tahun. Untuk kelas W-2 gw liat teachernya ada 3 orang. Gw langsung memperhatikan ruangannya. Tempatnya memiliki luasan sekitar 40m2 (?) dialasi dengan matras2 empuk yang berwarna-warni, tujuannya agar kalo jatuh anak tidak akan merasa sakit. Permainan yang ada di ruangan ada bermacam2, mulai dari perosotan, naik turun balok, papan titian, dll. Kalo kata teachernya si tiap 2 minggu sekali setting permainan ini akan diubah agar si anak tidak bosan. Waktu itu Alif ikut free trial yang hari Sabtu, jam setengah 4. Ada temannya, tapi cuma 1, ya gpp lah…yang penting ada temannya :D. Oiya, untuk anak usia 2 tahun ke bawah, harus ditemani oleh orang tua atau pengasuhnya.

Begitu mulai, Alif langsung diajak bernyanyi. Teacher yang 3 orang tadi, yang waktu awal agak kurang meyakinkan karena ga dandan dan rambutnya acak-adut, tak disangka suaranya heboh juga. Diiringi alunan musik, ruangan jadi rame dan ceria (memang tidak baik judge a book by its cover :p). Setelah menyanyi, anak langsung masuk ke edu-gym, yaitu bermain di alat2 yang saya sebutkan di atas tadi. Awalnya Alif emoh, tapi begitu dipancing dengan bola balon warna pink menyalaaaa, matanya langsung jadi ijooo!! Tangga dengan mudah dia lewati, sliding dia susuri, naik turun dia lakoni demi mendapatkan tuh bola. Gw jadi ketawa2 ngeliat tingkahnya, lumayan juga nih teachernya :D. Setelah edu-gym, acara dilanjutkan ke permainan sosialisasi yang mewajibkan anak duduk dalam lingkaran bersama teachernya. Mulai dari main balon sabun, bermain dengan orang tua, dll. Acara berlangsung selama 45 menit dan selama itu Alif tampak senang. Memang sih kadang dia asik sendiri, nyuekin teachernya (ooh anakkuuu), tapi gpp lah namanya juga anak2. Malah gw salut sama teachernya yang berusaha untuk mengambil perhatian si Alif :).

Nah hari minggunya jam 10.30 Alif mencoba free trial Tumble Tots (telv : 021-78870227) di Mal Detos. Kalo gw baca brosurnya, inti pendidikannya sih sama aj dengan Gymboree. Begitu datang dan liat, emmm tempatnya lebih kecil daripada Gymboree, mungkin hanya berukuran 30m2 (?). Sama juga dialasi matras dan karpet warna warni. Muridnya banyak si, ada 4 orang, tapi gatau deh ya jangan2 juga pada nyobain free trial, wkwkwkwk. Teachernya lebih banyak euyy…ada 4 orang (2 co, 2 ce), dipanggil dengan sebutan uncle dan auntie. Tapi gatau kenapa si Alif mah nangis mulu asal diajak main sama uncle. Iiih Alif kecil2 udah genit nih, maunya sama yang cewek aj :p. Beda dengan Gymboree, free trial di Tumble Tots bisa 2x, selain itu lamanya acara juga 1 jam. Berikut adalah rincian harga dari brosur yg gw peroleh (Jun, 2010).

Cuma sepanjang disana gw merasa uncle dan auntienya kurang professional ih :(. Lebih banyak diam, anak gw dibiarin aj kesana kemarin, kan jadinya gw cape sendiri ngejarnya (hosh2). Pengennya gw kan anak gw ditarik perhatiannya dan diajak bermain, lah ini engga. Kalo anak ga mau, yaud, teachernya pergi. Gw ada minta bola buat narik perhatian si Alif, tapi bola yang mereka punya hanya bola kecil ukuran kepalan tangan, lah…padahal menurut gw bola itu mah harus adaaaa kalo mau main sama anak kecil. Bahasa Inggrisnya juga setengah2, banyak dicampur dengan bahasa Indonesia. Mengajarnya pun masih pake kertas contekan. Suaranya kurang keras, sehingga tidak kedengaran apa yang diucapkan. Alunan musiknya pun ga menerus, banyak jedanya. Alif tampak kurang betah (tapi gatau juga nih jangan2 karena lagi ngantuk :p), akhirnya kami keluar sebelum waktunya.

Ini foto si Alif di Gymboree dan Tumble Tots Depoook 😀 😀 😀

Free Trial

Tentu saja posting gw jangan terlalu dijadikan patokan karena ini berdasarkan 1x trial. Rencananya sih mingdep mau nyobain jatah free trial Tumble Tots yang 1 lagi, mana tau beda hasilnya. Tapi sejauh ini kelebihan dan kekurangan kedua tempat ini menurut gw adalah sebagai berikut :

  1. Gymboree diperuntukkan untuk anak berusia 6 bulan –  5 tahun sementara Tumble Tots untuk 6 bulan – 7 tahun.
  2. Gymboree tempatnya lebih luas dan lebih terang daripada Tumble Tots.
  3. Tumble Tots lebih murah daripada Gymboree.
  4. Permainan di Gymboree lebih variatif daripada di Tumble Tots.
  5. Teacher2 di Gymboree lebih kreatif dan periang daripada di Tumble Tots.
  6. Teacher2 di Tumble Tots lebih rapi daripada di Gymboree.
  7. Lama acara di Gymboree cuma 45 menit, sedangkan Tumble Tots 1 jam.
  8. Free trial Gymboree hanya 1x, sementara Tumble Tots bisa 2x.
  9. Waktu nyobain free trialnya sih anak2 di Tumble Tots lebih banyak daripada di Gymboree.
  10. Untuk bulan Juni 2010, Tumble Tots free biaya pendaftaran (lumayan hemat 250 rebuu). Sementara di Gymboree diskon 50% (hematnya 300 rebu).

Oiya, buat para mums, berikut adalah saran kalo mau mencoba free trialnya :

  1. Telv dulu tempatnya buat memastikan hari apa dan jam berapa anak anda bisa mengikuti first trial karena jam dan harinya beda2, tergantung usia.
  2. Pilih jam dan hari yang banyak temannya, cos kalo anak anda sendirian, kasian juga kaaaan jadi ga berbaur dan garingnya itu lo..
  3. Bawa kaus kaki karena untuk orang tua atau pengasuh yang masuk arena bermain wajib memakai kaus kaki.

Baiklah, selamat mencoba free trial!!

Advertisements
Comments
  1. dear mba Ning,

    Salam kenal yaa mba.. Saya Ika, bundanya Rasydan (14 Months), domisili di depok juga 🙂 Waah info ttg Tumbletots and gymboree nya berguna banget 🙂 Kebetulan saya lagi cari2 niiih taman bermain yg menyenangkan bwt Rasydan. Terima kasih bwt sharingnya ya mba 🙂

    Like

    • FEBRIE says:

      Halo Mbak Ika, wah terima kasih atas kunjungannya :). Tinggalnya di Depok mana? Senang sekali kalau tulisan saya bisa membantu. Rencananya saya akan share ttg Kinderfield di Margonda Depok juga berhubung sudah pernah visit ke sana tapi masih belum sempat :p. Salam buat Rasydan ya.. 😀

      Like

  2. widhi meidiana says:

    mbak febrie aku ingin sedikit berbagi, aku tinggal d depok, anakku umur 5,4th(kelas GREEN) skrg sekolah di MONTESSORI Pesona Khayangan, sejauh ini perkembangannya luar biasa, mengingat anakku mulai seklh Feb’10, yg tadinya g bisa English sama sekali skrng dah mulai bisa utk percakapan sehari2 (pengantar nya english), gitu juga dlm hal berhitung, Miss2 nya juga sabar2 n baik, si anak akan didampingi trs, kekeluargaan bgt deh, kekurangannya tempat belajar d rumahan bkn gedung2 spt yg lain. mudh2an bmanfaat ya

    Like

    • FEBRIE says:

      Makasih atas infonya Mbak Widhi :). Sejujurnya udah lama aq melirik Montessori tapi Montessori terdekat yang kutahu adanya di Jagakarsa. Ternyata di Depok ada juga ya? Boleh tau umur berapa minimal anak sekolah disana dan berapa biayanya Mbak? Terima kasiih 😀

      Like

  3. Bunda Chika says:

    dear mba Ning,,,
    thanks bgt yah udah posting soal ini,, kebetulan saya butuh referensi tempat bermain buat Chika, my little lady.
    nice posting, hugs n kiss for your Alif 🙂

    Like

  4. bunda bakhita says:

    Wah..seneng deh bacanya,membantu bgt u aku yg lg cari tempat bermain u bakhitaku (2thn 3bulan),au tinggal di tanah baru depok..kebetulan aku kerja dirmh tp anakku agak susah diajak main keluar maunya sama bundanya terus..maksudnya aku mau supaya dia mandiri dan mau bersosialisasi sama orang..tidak nonton baby tv atau bermain sama bunda aja dirmh..

    Like

  5. Ika Pamungkas says:

    Thanks bgt niy infonya…pas bgt krn lg pgn nyoba baby school spt apa,habis banyak bgt siy sekarang baby school…
    Habis baca blog mba jd ada ide niy,thanks yaaaaaa

    Like

  6. Ira says:

    Senangnya dapat info ini.. Saya mau coba ke Gymboree aaahhhh….
    Ira-Depok

    Like

  7. meisya ranti says:

    infonya bagus,,mw coba juga deh ke gymboree,,weekend ini..

    Like

  8. ima apriany says:

    mbak,, yang di Margo City sama Detos ini program trial-nya ada setiap minggu atau waktu2 tertentu aja ya?

    Like

  9. evi says:

    mba febrie akirnya untuk putranya memilih yang mana ya setelah coba trialnya? trims infonya

    Like

    • Halo Mbak Evi. Akhirnya anak saya tidak masuk salah satupund ar itu. Saya memilih langsung masuk toddler aj di Kinderfield :D. Namun setelah 1 tahun anak saya pindah karena kurang betah. Kinderfield yang dulu kan hanya ruko, jadi tidak ada lapangan untuk bermain :). Semoga membantu.

      Like

  10. darlene says:

    gw mendingan gymboree aaaaaaahhh……..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s